Pengertian Kiprah & Tanggung Jawab Manager
Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Manager - Sebuah perusahaan, organisasi maupun instansi yang sukses maka haruslah mempunyai manager yang handal dan profesional. Dalam tata bahasa manager yaitu penyusun atau orang yang menyusun standar kerja para bawahannya sesuai perintah atasan maupun bidang jabatan yang diembannya. Sama menyerupai tugas dan tanggung jawab supervisor maka manager inipun mempunyai kiprah dan tanggung jawab yang besar. Seorang manager haruslah orang yang benar-benar mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi, berwawasan luas, mempunyai etos kerja yang tinggi bisa membina dan melaksanakan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahannya. Tugas setiap manager di perusahaan instansi maupun organisasi tergantung dari jabatan yang ia emban atau sesuai dengan kecerdikan perusahaan, instansi maupun organisasi. Nah berikut ini yaitu kiprah seorang manager diantaranya yaitu sebagai berikut:
Menetapkan, menyetujui dan mengkomunikasikan standar kinerja dan perilaku.
Tugas manager yaitu menjelaskan maupun memberi kode kerja kepada staff secara tepat, dan mempunyai standar kerja yang harus dipenuhi, dan selalu meyakinkan para bawahannya bahwa mereka akan melaksanakannya dengan baik dan lancar.
Mengomunikasikan ke atasan dan ke staff.
Anda sebagai seorang manager harus mempunyai komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan anda. Banyak persoalan didalam organisasi yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang terang antara administrasi dan staff. Sebagai seorang manager, Anda harus sangat aktif dan sempurna dalam menunjukkan isu dari para manager dan staff Anda, dan juga dalam menunjukkan laporan dari staff ke manager Anda sehingga masalah-masalah sanggup diselesaikan.
Memonitor penampilan kerja staff.
Sebagai seorang manager Anda harus banyak memakai waktu Anda di lapangan, memastikan bahwa staff Anda mengerjakan apa yang harus mereka kerjakan, Anda tidak sanggup mengontrol secaraa efektif jikalau Anda mempergunakan seluruh waktu Anda dengan duduk di kantor saja. Melakukan "coaching" dan menunjukkan umpan balik kepada staff. Ketika Anda memonitor staff Anda, kiprah Anda bukanlah untuk mencari kesempatan untuk menghukum kesalahan-kesalahannya. Tugas Anda yaitu untuk menghargai pekerjaan yang telah dilakukannya dengan baik, dan membantu staff memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dibuatnya. Ini berarti bekerja dengan mereka secara terus menerus untuk meningkatkan penampilan kerja mereka setiap saat.
Memecahkan masalah-masalah kerja yang muncul.
Ketika Anda menemukan masalah-masalah di daerah kerja, Anda harus melaksanakan lebih dari sekedar melaporkan masalah-masalah tersebut kepada atasan Anda, Jika Anda mampu, Anda seharusnya secara aktif menuntaskan masalah-masalah dengan staff Anda. Seorang manager yang baik yaitu seorang pemecah persoalan (problem solver), bukan sebagai seorang yang melaporkan persoalan saja.
Menegakkan disiplin.
Seorang manager yang profesional sanggup meyakinkan staffnya untuk mengikuti aturan dan kebijakan organisasi. Dia mengoreksi staffnya yang melanggar aturan dengan cara yang manusiawi dan efektif. Menghargai dan menegakkan hak-hak pekerja. Seorang manager yang profesional menyadari bahwa seluruh pekerja mempunyai hak-hak yang harus dilindungi, Para manager bekerja keras untuk meyakinkan bahwa hak-hak pekerjanya dihargai.
Menetapkan, menyetujui dan mengkomunikasikan standar kinerja dan perilaku.
Tugas manager yaitu menjelaskan maupun memberi kode kerja kepada staff secara tepat, dan mempunyai standar kerja yang harus dipenuhi, dan selalu meyakinkan para bawahannya bahwa mereka akan melaksanakannya dengan baik dan lancar.
Mengomunikasikan ke atasan dan ke staff.
Anda sebagai seorang manager harus mempunyai komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan anda. Banyak persoalan didalam organisasi yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang terang antara administrasi dan staff. Sebagai seorang manager, Anda harus sangat aktif dan sempurna dalam menunjukkan isu dari para manager dan staff Anda, dan juga dalam menunjukkan laporan dari staff ke manager Anda sehingga masalah-masalah sanggup diselesaikan.
Memonitor penampilan kerja staff.
Sebagai seorang manager Anda harus banyak memakai waktu Anda di lapangan, memastikan bahwa staff Anda mengerjakan apa yang harus mereka kerjakan, Anda tidak sanggup mengontrol secaraa efektif jikalau Anda mempergunakan seluruh waktu Anda dengan duduk di kantor saja. Melakukan "coaching" dan menunjukkan umpan balik kepada staff. Ketika Anda memonitor staff Anda, kiprah Anda bukanlah untuk mencari kesempatan untuk menghukum kesalahan-kesalahannya. Tugas Anda yaitu untuk menghargai pekerjaan yang telah dilakukannya dengan baik, dan membantu staff memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dibuatnya. Ini berarti bekerja dengan mereka secara terus menerus untuk meningkatkan penampilan kerja mereka setiap saat.
Memecahkan masalah-masalah kerja yang muncul.
Ketika Anda menemukan masalah-masalah di daerah kerja, Anda harus melaksanakan lebih dari sekedar melaporkan masalah-masalah tersebut kepada atasan Anda, Jika Anda mampu, Anda seharusnya secara aktif menuntaskan masalah-masalah dengan staff Anda. Seorang manager yang baik yaitu seorang pemecah persoalan (problem solver), bukan sebagai seorang yang melaporkan persoalan saja.
Menegakkan disiplin.
Seorang manager yang profesional sanggup meyakinkan staffnya untuk mengikuti aturan dan kebijakan organisasi. Dia mengoreksi staffnya yang melanggar aturan dengan cara yang manusiawi dan efektif. Menghargai dan menegakkan hak-hak pekerja. Seorang manager yang profesional menyadari bahwa seluruh pekerja mempunyai hak-hak yang harus dilindungi, Para manager bekerja keras untuk meyakinkan bahwa hak-hak pekerjanya dihargai.
0 Response to "Pengertian Kiprah & Tanggung Jawab Manager"
Post a Comment