Tips & Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop

Mengatasi Baterai Laptop yang Ngedrop - Setiap brand laptop atau netbook mempunyai kemampuan atau daya baterai yang berbeda beda tergantung jenis baterai yang digunakan. Baterai merupakan komponen penting dan juga komponen yang terbilang mahal, untuk itulah mengapa anda harus merawat komponen laptop ini biar mempunyai umur yang panjang. Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa dipakai untuk merestore umur baterai yang ngedrop biar kembali mempunyai kemampuan yang tahan lama, tetapi tentunya tidak bisa ibarat baterai baru. Setelah beberapa waktu kemudian saya share ihwal tips membeli baterai laptop kali ini saya akan share bagaimana cara mengembalikan kemampuan baterai yang telah ngedrop biar bisa berfungsi tambah tahan lama:

 Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Ngedrop Tips & Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Ngedrop

Metode Pembekuan
Beberapa teknisi komputer menyarankan biar melaksanakan proses pembekuan pada baterai laptop maupun netbook untuk mendapat kembali umur baterai yang telah ngedrop, caranya yakni sebagai berikut.

  • Langkah 1: Ambil baterai dan tempatkan dalam Ziploc tertutup atau kantong plastik pastikan biar baterai tidak kemasukan air ketika dimasukkan ke freezer.
  • Langkah 2: Masukkan baterai ke dalam freezer Anda dan biarkan selama sekitar 12 jam. Beberapa orang menyarankan meninggalkannya lebih lama, tapi saya tidak menyarankan selama lebih dari 24 jam.
  • Langkah 3: Setelah Anda membawanya keluar, keluarkan baterai dari kantong plastik dan biarkan baterai mempunyai suhu hingga mencapai suhu kamar. Pastikan untuk membungkusnya dengan handuk dan mengusap kondensasi apapun biar baterai tetap kering.
  • Langkah 4: Masukkan kembali baterai laptop dan charge hingga penuh.
  • Langkah 5: Setelah diisi, cabut charge dan harus diingat untuk memakai hingga daya baterai habis kemudian anda gres boleh charge lagi.
 Sekarang ulangi langkah 4 dan 5 setidaknya 4 kali charge dan semua harus penuh. Kecuali baterai Anda bocor maka baterai anda akan lebih lama.

Perhatikan bahwa Anda hanya melaksanakan ini pada baterai berjenis NiCD atau NiMH. Jika Anda mencoba ini pada baterai lithium, itu akan menciptakan masa pakai baterai yang lebih buruk.

Metode Perawatan
Jika Anda mempunyai baterai berbasis lithium ion, Anda sanggup meningkatkan itu hidup dengan memastikan laptop Anda tetap dingin. Jika Anda mempunyai sebuah laptop yang cepat panas, sanggup merusak baterai dan menimbulkan umur hidup baterai menjadi pendek. Saya mempunyai sebuah laptop Sony VAIO renta dan saya melihat peningkatan yang signifikan dalam hidup baterai laptop ketika saya membeli laptop cooling pad umtuk mendinginkan mesin laptop.

Penggunaan baterai laptop yang benar sanggup menekan baterai berumur pendek. Baca artikel lain ihwal tips memakai baterai laptop biar awet.

Kalibrasi ulang baterai Anda
Jika Anda harus secara manual kalibrasi baterai, lakukan cara cara berikut ini:

  • Langkah 1: Mengisi baterai Anda hingga 100%.
  • Langkah 2: Sekarang melepas kabel daya dan membiarkan menguras baterai. Tampaknya ada dua pandangan ihwal bagaimana melaksanakan ini. Anda sanggup membiarkan baterai habis hingga laptop mati atau Anda sanggup mengaturnya sehingga laptop hibernasi sekitar 3 hingga 5%. Catatan: baterai harus habis tanpa anda memakai laptop untuk dijalankan.
  • Langkah 3: Biarkan komputer tetap dimatikan antara 3 hingga 5 jam sesudah baterai habis.
  • Langkah 4: Aktifkan kembali dan biarkan baterai diisi hingga ke 100%.

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan umur baterai laptop atau netbook kalau anda mempunyai cara maupun metode lain silahkan tambahkan di komentar yang telah disediakan, terima kasih dan semoga artikel bermanfaat.

0 Response to "Tips & Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel