Cara Efektif Dalam Menetapkan & Memilih Tujuan

Penetapan & pencapaian tujuan - Setiap orang didunia ini niscaya mempunyai impian, harapan, impian maupun tujuan dalam hidupnya. Tidak kesemuanya berhasil mendapat apa yang menjadi impian mereka namun tidak sedikit juga yang berhasil mencapai tujuan bahkan bisa melampauinya dengan baik. Hal itu tergantung bagaimana cara mereka memutuskan dan mencapai tujuan mereka. Lalu bagaimana cara efektif untuk mensetting penetapan tujuan dan pencapaian tujuan semoga apapun pencapaian yang Anda inginkan dalam hidup sukses, fokus dalam memilih tujuan dengan mengambil tindakan yang sempurna dalam mewujudkan tujuan anda.

Setiap orang niscaya menginginkan kesuksesan atau keberhasilan dalam pencapaian impian atau tujuan tertentu sesuai sasaran yeng mereka tetapkan, bahkan berharap semoga pencapaian tujuan tersebut kurang dari sasaran waktu yang ditentukan. Namun kenyataannya, banyak dari kita mengalah dan meninggalkan tujuan yang kita impikan bahkan sebelum tujuan itu terwujud atau menjadi kenyataan. Kenapa hal itu bisa terjadi?

 Setiap orang didunia ini niscaya mempunyai impian Cara Efektif Dalam Menetapkan & Menentukan Tujuan

Beberapa alasan yang paling umum yang mengakibatkan kita gagal dalam mewujudkan impian atau tujuan antara lain: kurangnya kepercayaan diri, tidak mempunyai planning yang matang untuk diterapkan dalam pencapaian tujuan, tidak realistis dalam memutuskan tujuan ibarat mengharapkan terlalu banyak atau terlalu cepat, takut gagal, menempatkan terlalu banyak tekanan pada diri kita sendiri untuk mencapai tujuan. nah kali ini saya akan sedikit menyebarkan perihal taktik efektif yang sanggup kita adopsi untuk berhasil memutuskan dan mencapai tujuan.

Bagaimana memulai memutuskan dan mencapai tujuan kita?

Yakinlah bahwa anda bisa & anda mampu
Ketahuilah bahwa setiap orang termasuk saya dan anda mempunyai hak dan pantas untuk menjadi sukses, berhasil dan berprestasi. Sebelum memulai proses memutuskan tujuan, anda harus mempunyai kepercayaan diri dan kemampuan untuk menetapkannya, yakinlah bahwa "saya bisa" dan "saya mampu". Anda harus percaya kepada diri Anda sendiri bahwa anda yakin bisa melaksanakan apa yang Anda ditetapkan dan yakin bahwa Anda mempunyai talenta dan kemampuan untuk melakukannya.

Kecuali Anda memulai segala hal dengan rasa pesimis, perjuangan Anda akan digagalkan dengan ketidak percayaan diri anda bahkan anda "sudah kalah perang sebelum anda memulai perang itu sendiri" itu berarti anda akan gagal dalam mewujudkan apa yang anda impikan bahkan sebelum anda mencobanya terlebih dahulu.

Tentukan dengan terperinci apa yang Anda inginkan
Salah satu dilema terbesar yang sering dihadapi seseorang dalam memutuskan tujuan secara efektif yakni tidak mengetahui apa yang mereka inginkan. Kurangnya konsep dan perencanaan yang terperinci perihal apa yang Anda inginkan dalam hidup menciptakan anda sulit untuk melanjutkan pencapaian tujuan. Satu hal yang menciptakan semua orang sukses didunia ini hampir kesemuanya mempunyai kesamaan yaitu bahwa mereka sangat intens terfokus dan berorientasi pada tujuan. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan mereka memahaminya mengambil setting tujuan untuk mencapainya. Cara yang baik untuk memulai proses ini yakni untuk meluangkan waktu untuk menuliskan tujuan yang paling berarti bagi Anda dan kemudian menciptakan daftar apa yang akan Anda butuhkan untuk melaksanakan mencapai tujuan anda.

Untuk mencapai tujuan besar dalam hidup anda perlu mengetahui ini Anda sanggup melihat 'gambaran besar' dalam hidup Anda. Mulai jurnal atau buku kerja dan menuliskan sendiri balasan atas beberapa pertanyaan penting ibarat dibawah ini:

  • Apakah saya ingin menjadi yang terbaik, berprestasi, sukses, kaya, berhasil menurunkan berat tubuh atau (tulis apa saja yang menjadi tujuan anda) Jika iya, langkah apa yang anda perlukan untuk mencapai tujuan tersebut (tuliskan dengan terperinci apa yang anda perlukan, butuhkan atau langkah sempurna dalam mencapai tujuan itu)
  • Apa yang ingin saya capai dalam karir saya?
  • Apa jenis kehidupan keluarga yang saya inginkan (kesejahteraan, kemakmuran atau kekayaan)?
  • Apa jenis gaya hidup yang saya inginkan dikala ini dan di masa depan?
  • Bagaimana saya melihat diri saya 5, 10 atau 20 tahun mendatang atau dari sekarang?

Sebagai pola saja untuk pencapaian tujuan dalam jangka pendek, anda mempunyai tujuan menuntaskan kiprah kampus dengan baik maka Anda sanggup menuliskan: mencari acuan buku, online, internet, dari sumber lain harus anda selesaikan dalam 3 hari, mengetik kiprah dan membuatnya menjadi makalah atau presentasi dan mengecek ulang bila ada kesalahan dalam 3 hari... Sehingga anda menarget 6 hari harus sudah bisa menuntaskan kiprah kuliah dengan baik.

Untuk memutuskan tujuan janga panjang, seperti: anda harus menuntaskan gelar sarjana sempurna waktu, mempunyai sasaran mempunyai penghasilan berapa kali lipat dari penghasilan total anda hari ini, mempunyai korelasi yang serius dan mewujudkannya dalam beberapa waktu kedepan (pernikahan) dll.

Rencana yang matang, mengatur dan memprioritaskan tujuan Anda.
Jika Anda melihat segala sesuatu yang ingin anda capai semua sekaligus, Anda mungkin menemukan semua tujuan itu menjadi hal yang terlalu sulit dan tidak mungkin untuk didapatkan, jadi hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk mencapai tujuan anda yakni dengan untuk mengatur dan memprioritaskan tujuan Anda, itu berarti fokus untuk menuntaskan satu tujuan tertentu dalam hidup anda kemudian sehabis berhasil lanjutkan dengan tujuan lain dalam hidup anda.

Selanjutnya menyusun planning yang telah anda terapkan untuk setiap item yang ingin Anda capai. Anda tahu bahwa tujuan kesehatan Anda perlu yang sedang berlangsung, sehingga membentuk rutinitas sehari-hari atau kegiatan yang sanggup Anda menjaga secara teratur. Untuk tujuan karir, mengkategorikan tujuan ini secara sedikit demi sedikit ibarat planning bulanan, triwulanan atau tahunan. Poin daftar, atau planning tindakan yang diharapkan untuk mencapai titik tertentu dalam karir Anda. Suatu pencapaian tujuan membutuhkan waktu dan proses untuk membuatnya menjadi kenyataan, dengan planning yang matang, mengatur dna memprioritaskan tujuan anda maka anda berada di langkah sempurna untuk memutuskan dan mewujudkan impian atau tujuan anda dengan efektif.

Review, update dan merevisi
Meninjau dan memperbarui tujuan Anda secara teratur untuk memastikan tujuan itu masih relevan dan mengikuti proses yang anda menetapkan untuk menciptakan tujuan itu berhasil bagi Anda. Memastikan semoga semua proses berjalan sesuai jalur dan mengambil langkah-langkah dan tindakan yang sempurna jikalau terjadi kesalahan dalam proses pencapaian tujuan. Jika beberapa taktik Anda tidak bekerja, pelajari, berguru dari kesalahan, atau merancang yang baru. Demikian juga, mencari tahu hambatan, hambatan dan gangguan dan memilih apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya.

Kita semua tahu bahwa hampir semua jalan didunia ini tidak akan selalu lurus, tanpa hambatan dan bebas dari hambatan akan selalu ada kemunduran dan hambatan, kesulitan dan belokan di sepanjang jalan untuk mencapai tujuan kita, tapi kita tidak perlu membiarkan hal tersebut menghalangi atau menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan atau impian. Merevisi dan menyesuaikan planning di mana saja, kapan saja, kondisi apa saja yang Anda perlukan.

Tetap fokus, konsisten dan termotivasi
Tetap fokus, konsisten dan termotivasi mungkin salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan ketika memutuskan tujuan. Mungkin saja adakalanya anda keluar jalur Namun, sangat penting untuk kembali ke jalur secepat mungkin untuk menciptakan penetapan tujuan anda sesuai dengan jalur benar dan anda kan berhasil hingga tujuan.

Sebuah alat yang mahir untuk menjaga Anda tetap fokus yakni jurnal atau catatan. Periksa dan lihat secara teratur jurnal atau buku catatan anda sebagai titik acuan dan untuk mengingatkan diri sendiri apa yang ingin Anda capai. Mengatur rutinitas atau kebiasaan yang akan memastikan Anda tetap di jalur.

Teknik lain yang membantu untuk tetap termotivasi mencakup penggunaan afirmasi dan visualisasi yang relevan. Sangat penting untuk 'melihat' diri Anda mencapai tujuan sebelum Anda benar-benar melakukannya. Afirmasi positif menanamkan pikiran positif ke dalam pikiran bawah sadar Anda, yang pada gilirannya, mendorong Anda untuk mengambil tindakan yang sempurna untuk mencapai tujuan Anda.

nah sehabis anda melihat dan melaksanakan tips dan taktik diatas dan melakukannya dengan benar maka anda akan menemukan diri anda dalam perubahan lebih baik, dan perubahan perubahan itu yakni sebagai berikut:

  • Anda mempunyai arah 'gambaran besar' dalam hidup anda
  • Anda tetap terorganisir dan terfokus
  • Anda mempunyai rasa percaya diri dan rasa prestasi yang meningkat
  • Anda akan mencapai kesuksesan lebih efisien dan dalam waktu kurang sesuai waktu yang ditargetkan
  • Membuat hari anda lebih bermakna dan terarah

Penetapan tujuan, pencapaian dalam hidup tentu akan menjadi hal yang efektif dan terealisasi, jikalau anda melaksanakan tindakan apa yang telah anda rencanakan. Karena ilham atau planning brilian sekalipun hanya akan tetap menjadi sebuah planning tanpa anda melaksanakan tindakan untuk mewujudkannya. Makara mulai dan bertindaklah mulai dari sekarang! Tentukan tujuan yang paling berarti bagi Anda dan menyusun planning untuk mencapainya.

0 Response to "Cara Efektif Dalam Menetapkan & Memilih Tujuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel