Tips Mencegah & Mengatasi Kram Otot Ringan

Mengatasi otot kram - Bagaiamana risikonya kalau anda sedang bekerja diketinggian menderita kram otot atau sedang mengikuti kejuaraan kram otot menyerang anda? Kram otot bisa saja terjadi pada hampir semua orang, dan utentu saja lantaran beberapa faktor penyebab yang berbeda. Olahraga, bekerja, duduk terlalu usang bisa mengakibatkan kram otot. Lalu apa sih kram otot itu dan bagaimana hal itu bisa terjadi?

Kram otot merupakan kontraksi involunter (spasme) dari serat otot. Hal ini sanggup terjadi pada otot mana saja dari potongan tubuh, tetapi yang paling umum terjadi ialah di betis, paha, dan tangan dan kaki. Kram sanggup berlangsung dari beberapa detik hingga 15 menit atau lebih, atau bisa terjadi kapan saja dan berulang. Gejala kram terjadi ibarat nyeri, sakit mendadak pada area otot, ketidakmampuan untuk memakai otot, berkedut dan kepekaan terhadap tekanan. Tidak ibarat strain dan keseleo, kram sejatinya bukanlah kerusakan dari jaringan otot dan kram itu sendiri tidak melukai otot luar dan membuatnya sedikit sakit untuk sementara waktu.

 Bagaiamana risikonya kalau anda sedang bekerja diketinggian menderita kram otot atau sedang  Tips Mencegah & Mengatasi Kram Otot Ringan

Kram pada otot biasanya disebabkan oleh situasi sementara ibarat dehidrasi, kekurangan vitamin dan mineral, atau kelelahan otot yang disebabkan oleh terlalu banyak latihan atau olahraga. Kram otot sederhana sanggup tidak boleh cepat dengan cukup peregangan otot. Jika Anda mengalami kram di kaki Anda maka dengan hanya bangun atau berjalan-jalan sebentar akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Untuk kram tangan, coba tekan tangan Anda terhadap permukaan datar. Untuk kram betis, luruskan kaki Anda di udara sambil berbaring telentang dan tarik jari-jari kaki Anda ke arah kepala Anda memakai handuk. Atau, bersandar ke dinding dengan tumit Anda rata di lantai dan kaki Anda 2-3 kaki dari dinding-cukup jauh untuk menghasilkan peregangan ringan. Untuk otot lainnya, Anda sanggup berguru peregangan spesifik untuk otot yang terpengaruh.

Ketika kram tiba pada ketika sesi latihan atau olahraga, berhentilah sebentar dari kegiatan olahraga anda untuk meregangkan otot. Pijat otot untuk sementara dan mengkonsumsi minuman olahraga dengan elektrolit kalau mungkin, kemudian melanjutkan kegiatan Anda. Jika kram berlanjut, maka kemungkinan penyebabnya ialah keletihan atau kelelahan dan satu-satunya hal yang sanggup menghentikan kram otot ini ialah menghentikan sesi latihan atau olahraga Anda sepenuhnya.

Cara Mencegah Kram Otot
Beberapa hal atau penyebab yang mengakibatkan kram otot ialah dehidrasi, kekurangan vitamin dan ketidakseimbangan elektrolit, dan kegiatan berlebihan tanpa persiapan yang tepat. Berikut ialah beberapa cara mencegah kram otot:

Tetap terhidrasi dengan baik
Saat anda melaksanakan banyak aktifitas atau olahraga beban yang berat maka kemungkinan anda akan mengalami kehilangan cairan tubuh yang disebabkan oleh banyak keringat yang keluar selama kegiatan fisik, kekurangan asupan cairan, atau penggunaan obat tertentu, bisa menciptakan Anda rentan terhadap kram otot selama atau sehabis kegiatan fisik. Anda harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk memastikan Anda terhindar dari kram otot dengan terhidrasi dengan baik sebelum Anda memulai kegiatan Anda.

Penuhi vitamin dan mineral
Ada beberapa bukti bahwa kekurangan vitamin B-1, B-5, B-6 sanggup meningkatkan kemungkinan kram otot pada beberapa orang, sehingga dengan mengonsumsi vitamin B sanggup mencegah kram otot. Demikian juga, diet yang terlalu rendah sodium, kalium atau magnesium sanggup mengakibatkan problem kram otot, lantaran badan Anda juga kehilangan elektrolit melalui keringat. Jika perlu, Anda sanggup mengonsumsi minuman berelektrolit, tetapi kalau Anda melaksanakan lebih dari satu jam latihan atau olahraga dengan intensitas tinggi, biasanya lebih baik untuk mendapat vitamin dan mineral dari masakan yang Anda makan, terutama kalau Anda mencoba untuk menjaga kalori Anda.

Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar
Kelelahan otot ialah penyebab utama kram otot dan berikut cara sederhana mengatasinya:
  • Selalu lakukan 5-10 menit pemanasan atau peregangan otot sebelum melaksanakan kegiatan dengan intensitas tinggi, dan juga lakukan hal yang sama untuk periode pendinginan sehabis itu.
  • Hindari over-peregangan otot, yang sanggup mengiritasi dan mengurangi kinerja; menyimpan intens peregangan untuk sehabis latihan atau kegiatan, atau sehabis Anda pemanasan. Ingat: Peregangan ialah bukan hal yang sama sebagai pemanasan.

Kram otot ialah potongan normal dari kehidupan bagi banyak akifitas anda sehari-hari. Mulai memakai tips ini untuk meminimalkan kram Anda dalam waktu singkat.

0 Response to "Tips Mencegah & Mengatasi Kram Otot Ringan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel