Tips Menghemat Kuota Data Internet Di Android.

Pada postingan kali ini, saya pingin memperlihatkan sebuah tips singkat perihal bagaimana caranya biar kita dapat  "Menghemat Kuota Data Internet Di Android", dan tutorial ini saya anggap sebagai tutorial yang pantas untuk kita ulas dan kita coba di android kita masing-masing, mengingat semakin mahalnya biaya paket data yang disediakan oleh penyedia layanan atau operator seluler yang ada ketika ini.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, setiap bulan, setiap tahun, pertumbuhan pasar smartphone di seluruh dunia semakin meningkat, salah satunya terjadi di pasar smartphone di negara kita ketika ini. Ini semua terjadi atas dasar minat dan kebutuhan masyarakat akan sebuah gadget atau smartphone sangat tinggi. Seiring dengan itu pertumbuhan penyedia layanan atau provider seluler juga semakin signifikan. Hal ini terjadi lantaran kedua hal tersebut menyerupai satu mata rantai yang tidak sanggup di pisahkan satu sama lainnya.

Smartphone membutuhkan kuota data biar sanggup terhubung ke internet, sementara provider membutuhkan smartphone biar jaringan atau layanannya sanggup berfungsi dengan baik. Akibat dari keduanya sangat dekat kaitannya, maka kita selaku pengguna dari smartphone mau dan tidak mau, harus menyetujui segala ketentuan yang telah di menetapkan secara sepihak oleh penyedia layanan seluler yang ada ketika ini. Mau berapapun biaya sebuah paket data internet yang di sediakan oleh operator seluler, kita selaku user hanya mengikuti segalah hukum serta ketentuan yang telah di tetapkan

Lalu jalan apa yang harus kita tempuh untuk mengatasi hal mirip ini?  Jawaban atas semuanya itu kembali kepeda diri kita masing-masing. Dan berdasarkan saya salah satu jalan terbaik yaitu kita harus melaksanakan tindakan hemat terhadap penggunaan data internet di smartphone kita masing-masing. Dengan demikian kita sanggup menghemat pengeluaran atau biaya untuk membeli kuota paket data internet yang semakin hari semakin melonjak.

Anda sendiri saya rasa sanggup membayangkan betapa mahalnya biaya untuk membeli paket internet dalam setiap bulannya, apalagi buat keluarga yang anggota keluarganya boleh dikatakan banyak dan semuanya pengguna smartphone yang notabene setiap ketika di gunakan untuk berselancar di internet. Saya katakan mirip itu alasannya yaitu ketika ini saya melihat setiap anak dalam sebuah keluarga niscaya mempunyai smartphone, di samping kita selaku orang bau tanah harus memikirkan biaya pendidikan anak setiap bulannya, di tambah lagi dengan kebutuhan anak akan internet maka lengkaplah sudah penderitaan ini. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Nah, inilah inti dari artikel saya kali ini, jadi silahkan anda simak dan terapkan di smartphone anda masing-masing. Cara yang saya tulis di bawah ini telah saya coba di smartphone saya dan saya pikir cukup efektif. Makara silahkan anda mencobanya sendiri.

 saya pingin memperlihatkan sebuah tips singkat perihal bagaimana caranya biar kita sanggup Tips Menghemat Kuota Data Internet Di Android.
Gambar Ilustrasi.

Cara Menghemat Kuota Data Internet Di Smartphone Android.

Sebenarnya cara untuk menghemat pemakaian kuota data internet itu muda dan simpel. Tetapi terkadang kita sendiri tidak mau melakukannya. Nah, dengan membaca artikel ini mungkin anda akan tertarik untuk melakukanya di android anda. Tetapi bila anda tidak tertarik untuk melakukannyapun tidak masalah, semuanya berpulang pada langsung kita masing-masing. Ini hanyalah sebuah tips yang saya tulis berdasarkan pangalaman saya dalam memakai smartphone android akhir-akhir ini.

Dalam tutorial perihal tips menghemat kuota paket data internet ini saya memakai beberapa cara sederhana, namun kalau boleh di bilang cukup manjur dan efektif. Cara-cara tersebut antara lain:

▪ On/off sambungan data internet di smartphone.
▪ Hindari untuk bermain game online secara berlebihan.
▪ Hidupkan fitur adsblock pada browser  yang sering di gunakan untuk browsing ke internet.
▪ Install dan gunakan aplikasi DroidWall-Firewall

Diantara ke empat trick diatas akan kita coba bahas satu persatu. Kita mulai dengan membahas cara yang pertama.



On/off Sambungan Data Internet Di Smartphone.
Cara yang pertama ini berdasarkan saya paling manis dan efektif. Karena caranya cukup muda dan mudah  untuk kita lakukan. Tinggal saja kita slide atau  tarik turun sajian togle yang ada di smartphone  dan mematikannya saja. Atau juga  dengan masuk ke sajian pengaturan » kartu Sim » data seluler » silahkan pilih kartu sim yang mau di koneksikan ke jaringan internet atau mematikannya.

Tapi cara yang kedua ini tidak mengecewakan ribet jadi sebaiknya gunakan cara pertama saja lantaran lebih praktis. Fungsi dari kita melaksanakan on/off paket data ini yaitu biar kita mengatur lalulintas jaringan internet yang kelur masuk di smartphone kita. Nah, cara mirip ini sangat manis kita lakukan pada ketika kita sedang online dan membaca sebuah artikel atau gosip yang boleh dikatakan sangat panjang tulisannya. Dan cara mirip ini juga sanggup mematikan popup iklan yang biasa muncul pada ketika kita sedang membaca sebuah artikel. Percaya atau tidak, bahwa iklan yang muncul di smartphone sangat besar pengaruhnya terhadap kuota internet yang kita miliki. Untuk itu, sebaiknaya anda juga perlu menginstal sebuah aplikasi adsblock biar terbebas dari persoalan mirip ini. Saya sendiri selalu melaksanakan on/off data internet apabila sedang menulis atau update sebuah postingan di blog.

▪ Hindari untuk bermain game online secara berlebihan. 
Selain dari fungsi dasarnya yang hanya sebagai alat komunikasi biasa, kini smartphone juga telah di kembangkan sebagai alat untuk menyalurkan hobi dan minat kita mirip bermain game dan lain-lain. Banyak sekali pengembang yang membuat aplikasi-aplikasi hiburan tersebut. Dan diantara aplikasi yang ada, banyak yang membutuhkan koneksi internet biar  dapat berjalan dengan baik. Hal inilah sebagai penyebab paket data internet kita cepat terkuras apabila kita tidak mengendalikannya dengan baik. Maka dari itu mulai kini usahakan untuk batasi dalam memakai aplikasi hiburan atau game online yang menyedot banyak kuota internet. Lain halnya apabila dirumah atau di kantor kita tersedia jaringan wifi atau hotspot.

▪ Hidupkan fitur adsblock pada browser yang sering di gunakan untuk browsing ke internet. 
Banyak sekali pengembang aplikasi android yang membuat browser untuk di gunakan pada perangkat android. Dan dari sekian banyak browser yang bertebaran di play store kebanyakan sudah disertakan dengan fitur adsblock. Makara usahakan untuk memakai salah satu browser yang mempunyai fitur ini. Di sini saya sarankan untuk memakai UC Browser, Dolphin Browser, Boat Browser, Opera Mini dan masih banyak lagi lainnya. Dan apabila anda telah memakai browser mirip ini, maka usahakan untuk hidupkan fitur adsblock tersebut. Fitur tersebut berada di pengaturan browser jadi silahkan anda buka dan aktifkan. Ini semua kita lakukan untuk menekan pengeluaran bulanan kita,  jadi tidak ada salahnya kalau kita mencoba.

▪ Install dan gunakan aplikasi DroidWall-Firewall
Banyak sekali developer yang berbagi aplikasi andal untuk android. Namun kadangkala kita selaku user tidak mengetahui fungsi dan kegunaan dari setiap aplikasi yang ada. Sehingga kita jarang atau enggan untuk menginstall aplikasi tersebut di android kita. Pada hal fungsi dari beberapa aplikasi sangat luar biasa. Salah satu misalnya aplikasi DroidWall ini. Aplikasi ini fungsinya yaitu untuk membatasi dan mengatur lalulintas koneksi internet di android. Makara dengan aplikasi ini kita sanggup mengatur aplikasi-aplikasi mana sajakah yang boleh mengakses internet di jaringan seluler, dan aplikasi apa sajakah yang gres boleh mengakses internet bila terhubung kejaringan wifi atau hotspot. Makara aplikasi ini saran saya wajib anda miliki, alasannya yaitu penggunaanya cukup muda. Banyak sekali pengguna smartphone yang memberi balasan faktual terhadap aplikasi ini.

Kesimpulan: 
Dari sekian banyak ulasan saya di artikel ini, namun untuk melaksanakan tindakan hemat terhadap kuota internet semuanya berpulang pada langsung kita masing-masing. Jika anda mempunyai banyak rupiah maka anda boleh abaikan ini, namun sebaliknya bila anda orang yang pas-pasan maka boleh di coba trik ini. Semua yang saya tulis di artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi. Di coba boleh, tidak dicobapun tidak masalah.

Demikianlah artikel saya kali ini, mudah-mudahan apa yang telah saya tulis semuanya di sini ada manfaatnya. Sampai jumpa di postingan saya berikutnya, "Selamat Mencoba".

0 Response to "Tips Menghemat Kuota Data Internet Di Android."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel