9 Cara Efektif Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri / Minder

Mengatasi minder - Masalah kepercayaan diri merupakan problem yang sering kita  kita hadapi salah satunya minder. Minder merupakan perasaan yang menciptakan kita merasa kecil, merasa tidak mampu, merasa tidak berkompeten, merasa rendah ataupun merasa tidak bisa melaksanakan sesuatu. Minder merupakan bentuk kurangnya kepercayaan pada diri atau rendahnya percaya diri. Jika kita biarkan rasa ini berlarut larut dalam hidup kita tentu saja akan menciptakan apa yang ingin anda capai menjadi terhambat. Ketika Anda merasa percaya diri, Anda bisa melaksanakan banyak hal dengan lebih baik alasannya yakni anda merasa anda bisa melaksanakan semua hal dengan baik. Berikut yakni beberapa cara efektif untuk mengatasi rasa minder dalam hidup anda:

 Masalah kepercayaan diri merupakan problem yang sering kita 9 Cara Efektif Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri / Minder

9 Cara Efektif Mengatasi Rasa Minder

Keluar dari zona kenyamanan Anda
Ketika Anda melaksanakan hal-hal yang Anda pikir Anda tidak bisa, zona kenyamanan Anda akan terus berkembang. Bahkan melaksanakan sesuatu yang sepertinya kecil setiap hari akan membawa Anda ke sesuatu yang lebih besar. Bangun dari zoman anda dan lakukan hal yang menciptakan anda lebih baik.

Menjadi diri sendiri
Anda tidak perlu terjebak dalam ketakutan wacana apa yang dipikirkan orang lain terhadap anda. Anda perlu mengingat dan mencatat hal ini Anda tidak sanggup mengontrol orang lain atau apa yang mereka pikirkan wacana anda. Kaprikornus cara terbaik untuk mengatasi rasa minder dan meningkatkan kepercayaan diri yakni dengan cara menjadi diri anda sendiri tanpa perlu untuk menciptakan hidup anda menyerupai orang lain.

Lakukan segala hal berdasarkan cara anda sendiri. Upayakan untuk mengamati, mendengarkan dan menyaksikan pendapat orang lain, namun anda tidak perlu untuk menjadi menyerupai apa yang mereka katakan. Menemukan gaya personal yang ada pada diri anda Anda. Berpakaian dengan baik, rapi dan berpenampilan baik. Jalani kehidupan Anda dengan cara Anda dan menciptakan hidup lebih baik tanpa perlu menjadi orang lain.

Sadari ketakutan Anda
Ketakutan yakni normal dan alamai pada diri manusia. Kuncinya yakni untuk tidak membiarkan hal itu melemahkan Anda. Menyadari bahwa hal hal yang menciptakan anda ketakutan pada diri Anda tidak terjadi pada anda. Yang terbaik yang bisa anda lakukan yakni dengan menyadari dan mengatasi ketakutan daripada menghindari hal tersebut. Tuliskan apa hal yang menciptakan Anda takut dan apa yang akan Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut itu.

Menyadari tidak ada hal yang tepat
Anda harus menyadari bahwa didunia ini tidak ada hal yang benar benar sempurna, sehingga anda tidak perlu berpikir melaksanakan hal dengan sangat sempurna. Selalu tanamkan motivasi dalam diri anda bahwa anda akan melaksanakan segala hal dengan lebih baik tidak harus dengan sangat sempurna. Berjuang untuk menjadi tepat sanggup menimbulkan keraguan diri ( "stuckness"). Membuat kesalahan itu masuk akal dan anda tidak perlu takut untuk melaksanakan segala hal. Tidak membiarkan diri untuk menciptakan kesalahan akan menciptakan kepercayaan diri anda hilang. Overthinking juga sanggup melaksanakan hal yang sama.

Cari apa yang menciptakan Anda merasa percaya diri
Memperkuat kepercayaan diri itu bisa dilakukan dari dalam maupun luar diri kita (internal-exsternal factors), Jika dari dalam diri kita bisa kita dapatkan dengan keyakinan, motivasi, niat, merasa anda bisa dll. Sedang dari faktor luar anda bisa mendengarkan atau membaca motivasi, enterpreneur, mendengarkan musik yang menciptakan anda bersemangat dll.

Ubah bahasa badan Anda
Masih ingat hal hal yang diajarkan guru kita ketika kita duduk dibangku sekolah dasar, ketika kita maju membacakan kiprah yang diberikan guru kita, kita disuruh untuk membacanya dengan keras, tegak, dan jelas. Hal itu mengajarkan bagaimana supaya kita mempunyai kepercayaan diri dan tidak minder dihadapan sahabat teman. Memang benar bahwa bahasa badan juga bisa mmenggambarkan tingkat kepercayaan diri kita. Berjalan tegak dan bergerak cepat merupakan cara menilai orang yang mempunyai kepercayaan diri. Kepercayaan diri juga bisa dilihat dari:
  • Orang yang percaya diri akan berbicara keras, terperinci namun perlahan alasannya yakni mereka berpikir sebelum berbicara,
  • Orang yang percaya diri akan berjalan tegak, tegap bahwa meyakinkan mereka bahwa mereka bisa dan mampu.
  • Orang yang percaya diri akan melihat mata kontak lawan bicara alasannya yakni mereka yakin dengan apa yang mereka bicarakan.
  • Orang yang percaya diri akan melaksanakan hal hal lebih baik akrena mereka percaya dengan kemampuan mereka.
  • Orang yang percaya diri tidak akan mengalah dan terpuruk ketika mereka gagal alasannya yakni mereka kuat.
  • dll.

Tegas
 Menjadi lebih tegas akan bisa mengurangi rasa minder dan meningkatkan kepercayaan diri anda, coba untuk menghindari "rasa tidak enak". Katakan iya bila anda yakin dan katakan tidak bila anda tidak yakin melakukannya. Hal ini akan menciptakan anda merasa lebih baik.

Keyakinan
Fokus pada hasil terburuk yang mungkin bisa terjadi, atau membayangkan hasil tidak menyerupai yang dibayangkan hanya ankan menciptakan kecemasan yang tidak perlu, dan menghentikan Anda mengambil tindakan. Gunakan energi Anda untuk memotivasi diri anda dan menciptakan keyakinan pada diri anda untuk lebih percaya diri dengan menyampaikan "Lakukan dan berusaha wacana kesudahannya serahkan kepada Tuhan".

Maafkan diri Anda
Manusia yakni tempatnya khilaf dan lupa. Kaprikornus bila anda menciptakan kesalahan dan menciptakan apa yang anda lakukan menemui kegagalan maka maafkan diri anda. Tidak ada yang tepat didunia ini, bila anda menemui kegagalan cobalah berdiri dan mengubah kegagalan anda menjadi kesuksesan daripada anda berkutat dengan menyalahkan diri sendiri ssehingga anda mempunyai rasa minder bahwa apa yang akan anda lakukan salah, tidak yakin apa yang akan dilakukan dan takut melaksanakan segala sesuatu.

0 Response to "9 Cara Efektif Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri / Minder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel