Tips Menciptakan Pembeli Menjadi Pelanggan Tetap
Membuat pembeli anda menjadi pelanggan - Seorang pebisnis, pengusaha ataupun pedagang akan sukses jikalau mereka mempunyai banyak pembeli dan pembeli tersebut puas dengan layanan dan menjadi pelanggan tetap. Sehingga banyak para pebisnis ini mencari perbagai cara untuk mendatangkan pembeli dan menciptakan pelanggan puas. Pebisnis dan penjual manapun paham bahwa hidup perusahaan sangat tergantung dari kepuasana pelanggan. Namun tak jarang kesalahan tetap terjadi.
Mungkin anda bisa menjual banyak barang yang anda hasilkan kepada pembeli namun sangat sulit menciptakan pembeli anda menjadi pelanggan tetap anda. Pembeli akan menjadi pelanggan jikalau kebutuhan yang mereka perlukan terpenuhi dengan layanan yang memuaskan. Lalu bagaimanakah pelayanan yang baik dan bisa memperlihatkan kepuasan kepada pelanggan ini? Lalu apa saja yang menciptakan pelanggan puas dan kembali lagi? Nah berikut tips menciptakan pembeli anda kembali dan menjadi pelanggan tetap.
Baca juga:
Membangun reputasi bisnis
Cara Menjual produk anda
Membuat Pembeli Menjadi Pelanggan
Pelanggan yaitu orang yang perlu dibantu dan dilayani
Pembeli tidak selalu menjadi pelanggan, namun namanya pelanggan mereka yaitu pembeli yang kembali membeli atau kembali memakai jasa anda. Mereka butuh mengerti produk anda dan butuh dilayani dan dibantu biar mereka tertarik dengan barang yang anda tawarkan. Dan untuk menarik minat pembeli untuk menjadi pelanggan yaitu pelayanan yang memuaskan. Layani mereka dengan baik, dibantu dengan isu yang sederhana, gampang dipahami dan layani dengan sabar alasannya tidak semua calon pembeli pribadi sekali mengerti dengan isu yang anda berikan.
Mereka biasanya kurang paham dengan banyak sekali istilah teknis yang biasa digunakan. Karena itu, pakailah kata-kata yang awam yang gampang dimengerti oleh setiap orang. Misalnya, "Bapak mau tipe peralatan yang memakai daya listrik lebih irit dan bisa mati otomatis, bila 10 detik digunakan? Atau, mau model yang biasa saja dimana tidak ada alat otomatisnya?"
Pembeli mencari barang atau jasa terbaik
Seperti anda tahu mungkin anda bisa menjual banyak barang kepada pembeli anda namun sangat sulit menciptakan pembeli anda menjadi pelanggan tepat. Umumnya pelanggan akan kembali jikalau mereka menemukan barang yang mereka cari atau jasa yang mereka gunakan merupakan yang terbaik. Dewasa ini soal harga menjadi no 2 yang utama yaitu barang yang mereka cari atau jasa yang mereka gunakan yang terbaik.
Pembeli yaitu raja
Kembali lagi ke pelayanan yang baik dan memuaskan. Pelanggan yaitu raja dan raja selalu mendapat apa yang mereka inginkan. Ibaratnya pembeli yaitu raja dan anda yaitu pelayan. Layani pelanggan anda dengan baik, sabar, dan tepat. Sekali pembeli anda diperlakukan sebagai raja mereka akan kembali lagi menjadi pelanggan tetap anda, bahkan mereka akan merekomendasikan produk atau jasa yang anda jual kepada orang orang terdekat pelanggan anda, menjadi laba buat anda bukan?
Kesabaran
Tidak semua pelanggan anda "brilian" dalam arti sekali anda menjelaskan mereka pribadi mengerti dengan apa yang anda sampaikan, pelanggan anda juga berbeda huruf antara yang satu dengan yang lain. Bahkan pelayanan anda yang terbaik sekalipun belum tentu memuaskan pembeli anda. Makara kesabaran mutlak diharapkan untuk menciptakan pembeli anda menjadi pelanggan.
Memberi solusi dan sumbangan kepada pelanggan
Terkadang pelanggan akan merasa kesulitan atau kurang mengerti dengan produk yang anda tawarkan. berikan mereka isu yang sempurna dan berikan mereka akomodasi dan sumbangan untuk memperoleh solusi untuk memecahkan duduk masalah mereka dengan baik.
Menjadi pendengar yang baik
Sebagai pebisnis yang sukses dengan banyak konsumen atau pelanggan yang memakai produk dan jasa anda, anda juga dituntut untuk menjadi lebih akrab dengan pelanggan anda. Jadilah pendengar yang baik dari pelanggan anda, dengarkan dan cari solusi perihal apa yang mereka keluhkan atau kesulitan mereka. Mereka tiba kepada kita, dengan tujuan kebutuhannya terpenuhi dengan layanan yang memuaskan. Ia akan siap mengeluarkan ongkos, apabila yakin keinginannnya bisa diperoleh dari kita. Kembangkan keterampilan mendengar (listening) kita. Belajar bagaimana teknik mendengar dan menggali kebutuhan pelanggan secara benar. Jangan hanya mengambil laba dari pelanggan anda tetapi jadilah teman akrab mereka dan mendengarkan dengan baik apa yang mereka keluhkan dengan begitu laba mendapat banyak pelanggan akan menjadi milik anda.
Libatkan pelanggan anda
Untuk memperbaiki kualitas maupun layanan jasa yang anda tawarkan, libatkan pelanggan anda dengan memperlihatkan saran, kritik atau masukan terhadap kualitas barang dan jasa yang anda tawarkan. Ajak diskusi bukan mendikte atau menggurui. Tapi, berdialoglah dengan cara tukar pikiran. Selalu gunakan kalimat, "Menurut pandangan kami yaitu begini, berdasarkan Anda bagaimana? Apakah Anda oke memakai cara ini?" Atau anda bisa memakai kalimat " Apakah bapak puas dengan layanan kami, kira-kira apa berdasarkan bapak yang kurang dari layanan kami".
Selalu memperbaiki kualitas
Bisnis yang anda jalankan bukanlah satu satunya di kota maupun kawasan anda, jadi untuk mendaptkan pelanggan tetap atau terus bertambah selalu lakukan perbaikan baik kualitas maupun segi pelayanan. Berikan akomodasi jalan masuk kepada pelanggan anda. Jika anda tidak memperbaiki kualitas yang anda tawarkan sudah barang tentu pesaing anda akan mengambil pelanggan yang susah payah anda dapatkan.
Kejujuran
Kejujuran dalam dunia bisnis yaitu hal utama. Ketika pelanggan anda sekali saja mengetahui ketidakjujuran anda jangan mengharap pelanggan anda kembali memakai jasa atau produk anda. Ketika kita menabur "ketidakjujuran", maka kita akan menuai "ketidakpercayaan" pelanggan. Makan waktu yang panjang biar pelanggan percaya dengan kita dan kembali lagi untuk bertransaksi. Tetapi, untuk menghancurkan kepercayaan, sangan gampang dan cepat. Bersikaplah jujur kepada pelanggan, bangkit kepercayaan dari pelanggan.
Mungkin anda bisa menjual banyak barang yang anda hasilkan kepada pembeli namun sangat sulit menciptakan pembeli anda menjadi pelanggan tetap anda. Pembeli akan menjadi pelanggan jikalau kebutuhan yang mereka perlukan terpenuhi dengan layanan yang memuaskan. Lalu bagaimanakah pelayanan yang baik dan bisa memperlihatkan kepuasan kepada pelanggan ini? Lalu apa saja yang menciptakan pelanggan puas dan kembali lagi? Nah berikut tips menciptakan pembeli anda kembali dan menjadi pelanggan tetap.
Baca juga:
Membangun reputasi bisnis
Cara Menjual produk anda
Membuat Pembeli Menjadi Pelanggan
Pelanggan yaitu orang yang perlu dibantu dan dilayani
Pembeli tidak selalu menjadi pelanggan, namun namanya pelanggan mereka yaitu pembeli yang kembali membeli atau kembali memakai jasa anda. Mereka butuh mengerti produk anda dan butuh dilayani dan dibantu biar mereka tertarik dengan barang yang anda tawarkan. Dan untuk menarik minat pembeli untuk menjadi pelanggan yaitu pelayanan yang memuaskan. Layani mereka dengan baik, dibantu dengan isu yang sederhana, gampang dipahami dan layani dengan sabar alasannya tidak semua calon pembeli pribadi sekali mengerti dengan isu yang anda berikan.
Mereka biasanya kurang paham dengan banyak sekali istilah teknis yang biasa digunakan. Karena itu, pakailah kata-kata yang awam yang gampang dimengerti oleh setiap orang. Misalnya, "Bapak mau tipe peralatan yang memakai daya listrik lebih irit dan bisa mati otomatis, bila 10 detik digunakan? Atau, mau model yang biasa saja dimana tidak ada alat otomatisnya?"
Pembeli mencari barang atau jasa terbaik
Seperti anda tahu mungkin anda bisa menjual banyak barang kepada pembeli anda namun sangat sulit menciptakan pembeli anda menjadi pelanggan tepat. Umumnya pelanggan akan kembali jikalau mereka menemukan barang yang mereka cari atau jasa yang mereka gunakan merupakan yang terbaik. Dewasa ini soal harga menjadi no 2 yang utama yaitu barang yang mereka cari atau jasa yang mereka gunakan yang terbaik.
Pembeli yaitu raja
Kembali lagi ke pelayanan yang baik dan memuaskan. Pelanggan yaitu raja dan raja selalu mendapat apa yang mereka inginkan. Ibaratnya pembeli yaitu raja dan anda yaitu pelayan. Layani pelanggan anda dengan baik, sabar, dan tepat. Sekali pembeli anda diperlakukan sebagai raja mereka akan kembali lagi menjadi pelanggan tetap anda, bahkan mereka akan merekomendasikan produk atau jasa yang anda jual kepada orang orang terdekat pelanggan anda, menjadi laba buat anda bukan?
Kesabaran
Tidak semua pelanggan anda "brilian" dalam arti sekali anda menjelaskan mereka pribadi mengerti dengan apa yang anda sampaikan, pelanggan anda juga berbeda huruf antara yang satu dengan yang lain. Bahkan pelayanan anda yang terbaik sekalipun belum tentu memuaskan pembeli anda. Makara kesabaran mutlak diharapkan untuk menciptakan pembeli anda menjadi pelanggan.
Memberi solusi dan sumbangan kepada pelanggan
Terkadang pelanggan akan merasa kesulitan atau kurang mengerti dengan produk yang anda tawarkan. berikan mereka isu yang sempurna dan berikan mereka akomodasi dan sumbangan untuk memperoleh solusi untuk memecahkan duduk masalah mereka dengan baik.
Menjadi pendengar yang baik
Sebagai pebisnis yang sukses dengan banyak konsumen atau pelanggan yang memakai produk dan jasa anda, anda juga dituntut untuk menjadi lebih akrab dengan pelanggan anda. Jadilah pendengar yang baik dari pelanggan anda, dengarkan dan cari solusi perihal apa yang mereka keluhkan atau kesulitan mereka. Mereka tiba kepada kita, dengan tujuan kebutuhannya terpenuhi dengan layanan yang memuaskan. Ia akan siap mengeluarkan ongkos, apabila yakin keinginannnya bisa diperoleh dari kita. Kembangkan keterampilan mendengar (listening) kita. Belajar bagaimana teknik mendengar dan menggali kebutuhan pelanggan secara benar. Jangan hanya mengambil laba dari pelanggan anda tetapi jadilah teman akrab mereka dan mendengarkan dengan baik apa yang mereka keluhkan dengan begitu laba mendapat banyak pelanggan akan menjadi milik anda.
Libatkan pelanggan anda
Untuk memperbaiki kualitas maupun layanan jasa yang anda tawarkan, libatkan pelanggan anda dengan memperlihatkan saran, kritik atau masukan terhadap kualitas barang dan jasa yang anda tawarkan. Ajak diskusi bukan mendikte atau menggurui. Tapi, berdialoglah dengan cara tukar pikiran. Selalu gunakan kalimat, "Menurut pandangan kami yaitu begini, berdasarkan Anda bagaimana? Apakah Anda oke memakai cara ini?" Atau anda bisa memakai kalimat " Apakah bapak puas dengan layanan kami, kira-kira apa berdasarkan bapak yang kurang dari layanan kami".
Selalu memperbaiki kualitas
Bisnis yang anda jalankan bukanlah satu satunya di kota maupun kawasan anda, jadi untuk mendaptkan pelanggan tetap atau terus bertambah selalu lakukan perbaikan baik kualitas maupun segi pelayanan. Berikan akomodasi jalan masuk kepada pelanggan anda. Jika anda tidak memperbaiki kualitas yang anda tawarkan sudah barang tentu pesaing anda akan mengambil pelanggan yang susah payah anda dapatkan.
Kejujuran
Kejujuran dalam dunia bisnis yaitu hal utama. Ketika pelanggan anda sekali saja mengetahui ketidakjujuran anda jangan mengharap pelanggan anda kembali memakai jasa atau produk anda. Ketika kita menabur "ketidakjujuran", maka kita akan menuai "ketidakpercayaan" pelanggan. Makan waktu yang panjang biar pelanggan percaya dengan kita dan kembali lagi untuk bertransaksi. Tetapi, untuk menghancurkan kepercayaan, sangan gampang dan cepat. Bersikaplah jujur kepada pelanggan, bangkit kepercayaan dari pelanggan.
0 Response to "Tips Menciptakan Pembeli Menjadi Pelanggan Tetap"
Post a Comment