Tips Melatih Olah Pernapasan Untuk Relaksasi

Terlalu banyaknya kesibukan dalam bekerja, permasalahan hidup yang dialami sering menciptakan seseorang menjadi tertekan atau stres. Anda memerlukan relaksasi untuk menciptakan badan dan pikiran anda menjadi lebih rileks. Dan ketika badan anda rileks maka segala hal sanggup anda lakukan dengan baik dan meningkatkan kebugaran tubuh, sedang ketika pikiran anda lebih rileks maka anda bisa berpikir dengan jernih dan tenang, selain hal itu bisa menurunkan resiko stres dalam hidup anda.

 Terlalu banyaknya kesibukan dalam bekerja Tips Melatih Olah Pernapasan Untuk Relaksasi

Beberapa teknik relaksasi sederhana pun sanggup anda lakukan untuk menciptakan badan dan pikiran anda lebih rileks menyerupai meditasi, tai chi, yoga dan olah pernapasan. Melakukan teknik pernapasan yang sempurna bisa menciptakan pikiran dan badan berfungsi lebih baik lagi. Bahkan hanya rutin melaksanakan olah pernafasan secara teratur beberapa menit dalam sehari bisa menjadi relaksasi yang efektif menciptakan badan dan pikiran anda rileks dalam sekejap. Saat badan dan pikiran mencapai perasaan hening dan relaksasi pun membantu menjauhkan seseorang dari kondisi stres. Seperti dikutip situs Time sejumlah mahir menyarankan memakai teknik pernapasan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa rileks.

Teknik Pernapasan Untuk Relaksasi

Dr Alison McConnell, seorang pelatih yoga di Rebecca Pacheco Yoga dan Dr Ellen Langer, mahir psikolog menyampaikan bahwa teknik bernapas yang sempurna bukan bernapas menyerupai biasa namun ada sejumlah teknik khusus untuk mendapat ketenangan dari bernapas. Berikut beberapa teknik pernafasan yang bisa menciptakan badan dan pikiran anda lebih rileks.

Pernapasan sejajar (Equal breathing)   
Equal breathing ialah teknik pernapasan sederhana yang sanggup dilakukan dengan menarik napas selama empat hitungan melalui hidung, yang berfungsi untuk menambahkan resistensi alami pada pernapasan. "Pada enam hingga delapan hitungan per napas bertujuan untuk menenangkan sistem saraf, meningkatkan fokus, dan mengurangi stres," ujar Pacheco. Rutin dan teratur melaksanakan teknik pernapasan ini akan menciptakan anda lebih rileks.

Teknik pernapasan perut (Abdominal breathing technique)
Teknik pernapasan ini dilakukan dengan memakai perut, dimana Anda sanggup melakukannnya dengan meletakkan satu tangan di dada dan satu tangan di perut. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan pastikan diafragma mengembang dengan cukup untuk menciptakan peregangan pada paru-paru. "Enam hingga sepuluh hitungan selama 10 menit setiap harinya sanggup menurunkan denyut jantung dan tekanan darah," terperinci McConnell. Melakukan teknik ini selama enam hingga delapan ahad akan menciptakan keuntungannya bertahan lebih usang lagi.

Teknik pernpasan pemurnian sungai (Nadi shodhana)
Teknik pernapasan ini mengacu pada teknik pernapasan yang dilakukan oleh orang India kuno untuk keseimbangan jiwa dan pikiran. Teknik pernapasan ini bisa membantu anda menenangkan pikiran. Teknik pernapasan ini bisa dilakukan dengan pernapasan hidung secara bergantian pada teknik ini membawa ketenangan dan keseimbangan untuk menyatukan sisi kanan dan kiri otak manusia. Ambil posisi meditasi yang nyaman untuk peroleh teknik pernapasan ini. Puncak inhalasi dari teknik ini menutup lubang hidung sebelah kiri dengan jari manis, kemudian buang napas melalui lubang hidung kanan, lakukan secara berulang dan bergantian.

Kapalabhati atau skull shining breath
Teknik ini dimulai dengan menghirup secara lambat dan panjang untuk menghasilkan napas yang berpengaruh dari perut bab bawah. Pacheco menyampaikan teknik pernapasan ini bisa menghangatkan tubuh, melepaskan energi negatif, dan perbaiki energi otak.

Relaksasi progesiv (Progressive relaxation)
Relaksasi melalui teknik pernapasan ini membantu melemaskan otot yang tegang sekaligus menciptakan peredaran darah berjalan lancar sehingga anda akan lebih rileks. Ketegangan dari kepala hingga kaki sanggup diredakan lewat teknik pernapasan ini. Dr Patricia Farrell, dari bidang anxiety and panic menyarankan untuk hirup napas melalui hidung dan tahan selama lima hitungan, reaksi yang akan terjadi otot-otot yang tegang akan mereda.

Panduan Visualisasi (Guided visualization)
Mengambil napas dalam-dalam diiringi dengan fokus pada pikiran konkret untuk mengganti pikiran negatif, berlaku pada teknik yang satu ini. Dr Ellen Langer menjelaskan bahwa sementara ini cara yang sempurna untuk mencapai ketenangan pikiran seseorang. "Guided visualization membantu menempatkan Anda sesuai dengan impian pribadi, daripada membiarkan pikiran berada pada kondisi stres," terperinci Ellen.

nah itulah beberapa teknik olah pernapasan sederhana yang bisa anda coba dirumah yang berkhasiat membantu badan dan pikiran anda menjadi lebih rileks.

0 Response to "Tips Melatih Olah Pernapasan Untuk Relaksasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel