6 Tips Penting Membeli Kendaraan Beroda Empat Bekas (Seken)

Membeli kendaraan beroda empat bekas memang dibutuhkan ketelitian tinggi sebelum membeli, mulai dari pengecekan dokumen atau kelengkapan surat surat kendaraan, cek fisik kendaraan mulai dari eksterior dan interior kendaraan beroda empat dll. Beda halnya ketika anda membeli kendaraan beroda empat gres maka untuk membeli kendaraan beroda empat bekas atau seken ini anda perlu jeli atau anda akan menyesal di kemudian hari, apalagi untuk pemula bahkan yang sudah profesional dalam jual beli kendaraan beroda empat aja masih sanggup ketipu apalagi kita yang memakai kendaraan beroda empat untuk keperluan pribadi.

Membeli kendaraan beroda empat bekas memang dibutuhkan ketelitian tinggi sebelum membeli 6 Tips Penting Membeli Mobil Bekas (Seken)

Beli kendaraan beroda empat bekas di Indonesia masih terbilang cukup tinggi daripada pembelian kendaraan beroda empat baru. Pembelian kendaraan beroda empat bekas ini tentunya mempunyai sejumlah alasan mungkin alasan budget yang terbatas, kepingin mendapat barang anggun tapi murah, pengen punya kendaraan beroda empat tapi masih punya tanggungan lain dll. Apapun alasan anda membeli kendaraan beroda empat bekas pastikan untuk membeli kendaraan beroda empat bekas dengan jeli.  nah berikut beberapa tips yang sanggup anda gunakan ketika anda berniat membeli kendaraan beroda empat bekas atau seken.

Tips Membeli Mobil Bekas

Cek dokumen kendaraan
Hal pertama yang harus anda lakukan ialah mengecek surat kelengkapan kendaraan. Anda tidak mau kan membeli kendaraan beroda empat yang super murah, kondisi bagus, mesin ok, hampir sanggup dikatakan 90% dalam kondisi baik namun kendaraan beroda empat bodong. Mobil gres aja banyak yang bodong apalagi kendaraan beroda empat bekas. Periksa STNK, BPKB, dan surat-surat kelengkapan lainnya. Anda sanggup fotokopi dokumen dan mengeceknya di Polda atau Polres terdekat.

Jangan tergiur harga murah
Apapun itu setiap seseorang mengatakan produk dengan harga yang terlalu murah atau tidak masuk akal niscaya kualitas barang juga akan murahan sama halnya dalam membeli kendaraan beroda empat bekas ini. Jangan hingga tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan, boleh saja anda tertarik dengan harga murah namun murah tentu saja mempunyai batas wajar.

Belilah di showroom atau daerah terpercaya
Membeli barang ditempat atau showroom yang terpercaya anda setidaknya akan sanggup mendapat jaminan, garansi atau setidaknya komplain yang sanggup diajukan bila ternyata kendaraan beroda empat yang anda beli mempunyai problem dikemudian hari. Jangan membeli kendaraan beroda empat bekas di sembarang daerah apalagi di tempat-tempa penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Belilah di daerah penjualan yang memang sudah mempunyai merk dan memang sanggup dipercaya.

Tempat yang sudah mempunyai merk (nama) akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang sanggup dipercaya juga biasanya berani mengatakan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali bila kendaraan beroda empat dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay kendaraan beroda empat untuk dijual. Biasanya mereka suplay dari perusahaan-perusahaan produsen kendaraan beroda empat yang sudah besar.

Jangan tergesa-gesa menciptakan keputusan membeli
Anda harus mengecek segala hal yang terkait dengan pembelian kendaraan beroda empat bekas sebelum tetapkan untuk membeli. Jangan terburu buru membeli hanya alasannya ialah melihat tampilan luar yang bagus. Padahal yang terlihat anggun sanggup jadi cuma luarnya saja.

Cek kondisi bodi dan mesin
Cek kondisi bodi dan mesin dengan jeli, untuk pengecekan tentu anda belum begitu teliti. Tipsnya ialah ajak teman anda, anggota keluarga atau mengajak rekan kerja anda yang benar benar paham dengan kondisi kendaraan beroda empat bekas (akan lebih anggun lagi bila mereka mempunyai background dibidang teknik) dan ajak mereka untuk mengecek kondisi kendaraan beroda empat bekas yang ingin anda beli. Beberapa hal yang harus diperiksa ketika membeli kendaraan beroda empat bekas adalah:

Bagian bawah mobil
Melihat bab bawah kendaraan beroda empat sanggup membantu Anda menentukan kondisi mobil. Bagian bawah kendaraan beroda empat biasanya berkarat, bila Anda menemukan tambalan, Anda perlu curiga sanggup jadi itu untuk menutupi bekas kerusakan tertentu.

Karpet kaki
Alas kaki di dalam kabin kendaraan beroda empat mungkin sanggup dibersihkan dengan mudah, tapi ada baiknya Anda melihat bab bawahnya, apakah lembap atau mungkin basah? Hal itu perlu dilakukan alasannya ialah biasanya alas/karpet kendaraan beroda empat yang lembap sanggup menjadikan lubang pada bodi mobil. Jika hal tersebut terjadi maka akan fatal nantinya. Cek juga bab bawah karpet lain ibarat di bagasi.

Pedal kaki
Jika Anda rasa kilometer sanggup diakali dan sudah sering dilakukan coba lihat bab pedal. Jika karetnya sudah sangat aus, kecurigaan Anda mungkin sanggup jadi benar. Tanda pemakaian pada bangku dan stir kendaraan beroda empat biasanya seiring dengan umur pemakaian mobil.

Bagian Mesin
Jangan tertipu dengan tampilan mesin yang mengkilap. Pencucian mesin biasanya untuk menutupi kebocoran pada mesin. Namun, cipratan air dan oli sanggup memperlihatkan bahwa mesin bekerja tidak sempurna. Setelah melaksanakan test drive, lihat lagi pada sil-sil karet. Selain itu, kerusakan atau gesekan pada mur sambungan menjadi tanda kalau mesin itu pernah adanya reparasi besar pada waktu yang lalu.

Mesin yang terdengar baik ialah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih anggun juga mempunyai ciri gampang di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melaksanakan tes drive. Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi kendaraan beroda empat ketika berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya Anda melakukannya bersama si penjual supaya si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

Eksterior Mobil
Lakukan saja pengecekan pada bab yang paling pertama terlihat ini. Pada bab eksterior kendaraan beroda empat ini beberapa bab kendaraan beroda empat yang harus dicek adalah  bab bodinya. Perhatikan apakah ada gesekan atau rusak pada bodi kendaraan beroda empat ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bab kaca, apakah ada bab yang retak atau pecah. Perhatikan pula bab lampu, apakah ada yang pecah dan sanggup menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terperinci lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih sepakat atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

Aksesoris dan Interior
Setelah selesai dengan bab eksterior dan mesin, saatnya untuk mengamati bab aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen aksesoris dan interior kendaraan beroda empat yang perlu Anda cermati antara lain bab dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya. Bagian beling juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan beling mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau kemudahan audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

Asuransi
Terakhir, cara dan trik untuk menentukan kendaraan beroda empat bekas yang anggun dan berkualitas ialah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada kendaraan beroda empat tersebut. Jika kendaraan beroda empat bekas yang akan Anda beli mempunyai asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir asuransi sanggup dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual-beli yang komplet supaya proses balik nama asuransi ini sanggup berjalan dengan lancar.

0 Response to "6 Tips Penting Membeli Kendaraan Beroda Empat Bekas (Seken)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel