Apa Itu Custom Rom Dan Cara Instal Di Android

Artikel semacam ini mungkin sudah banyak rekan blogger yang share di blognya. Namun sengaja saya ulas kembali disini, alasannya yakni ini yakni sebuah pangalaman pribadi saya pada dikala memakai smartphone android. Makara saya pandang perlu untuk mepostkanya di blog ini mengingat, banyaknya pengguna android yang gres berhasil melaksanakan root smartphonenya, dan masih bingung, perihal cara instal custom rom di android dengan baik dan benar. 

Sesuai dengan judul postingan diatas yaitu "Apa Itu Custom Rom Dan Cara Instal Di Android" maka dibawah ini saya akan coba ulas semuanya, sesuai dengan pemahaman saya dan pangalaman saya, pada dikala memakai smartphone android. Kiranya apa yang saya ulas di postingan ini, sanggup bermanfaat juga buat teman-teman yang lain.

1. Apa itu custom rom.
2. Apa kelebihan custom rom.
3. Apa kekurangan/kelemahan custom rom.
4. Apa perlu untuk instal custom rom.

Dari keempat point pertanyaan tersebut di atas, biasanya muncul dari para pengguna smartphone android yang gres saja berhasil melaksanakan root pada androidnya. Untuk itu, akan saya coba ulas satu persatu dari keempat pertanyaan tersebut di postingan ini. Agar teman-teman pengguna smartphone android yang gres mau menginstal custom rom di androidnya jadi lebih tau dan faham perihal custom rom itu sebenarnya. Oke, kita eksklusif saja ke pembahasan untuk point yang pertama.

1. Apa Itu Custom Rom.
Mungkin bagi pengguna smartphone android yang belum perna bersentuhan dengan yang namanya root, akan bertanya-tanya bila mendengar istilah/sebutan perihal custom rom. Namun untuk orang yang sudah usang berkecimpung di dunia root android, maka custom rom bukanlah merupakan hal yang ajaib lagi bagi mereka. Untuk itu, disini saya pingin jelaskan sedikit perihal apa itu custom rom semoga yang belum tau sanggup faham dan mengerti perihal apa itu custom rom yang sesungguhnya.

Custom rom yakni sebuah rom hasil portingan, atau sengaja di buat oleh pengguna gadget android atau siapapun, semoga sanggup berjalan di perangkat android tertentu.

Disini saya kasih contoh, misalkan anda mempunyai sebuah perangkat android dengan os lollipop MTK 6592 kernel 3.10.72, dan saudara anda juga mempunyai sebuah perangkat android dengan os yang sama yaitu lollipop MTK 6592 kernel 3.10.72. Namun kedua perangkat android tersebut berasal dari vendor atau produsen smartphone yang berbeda. Nah semoga rom dari perangkan android saudara anda sanggup di gunakan di smartphone anda, maka rom tersebut harus di porting dulu. Dan hasil dari portingan itulah yang di namakan custom rom. Dan untuk melakukannya tentu saja ada caranya.

Sampai disini saya pikir anda sudah sanggup mengerti dan tau perihal apa itu custom rom. Mohon maaf kalau penjelasannya kurang detail. Tetapi saya yakin bahwa nanti anda akan tau dengan sendirinya sesudah melakukannya di android anda.  Oke, kini kita lanjutkan ke pertanyaan nomor dua.

2. Apa Kelebihan Custom Rom.
Setelah kita tau perihal apa itu custom rom, maka kini kita juga perlu tau apa kelebihan dari custom rom atau rom hasil portingan tersebut. Sebab segala sesuatu yang kita lakukan musti kita harus tau apa kelebihannya dan apa kekurangannya, alasannya yakni kalau tanpa itu mungkin kita akan kurang semangat untuk melakukannya. Maka di bawah ini saya akan kasih sedikit review perihal kelebihan dari custom rom itu.

1. Tidak ada bloatware atau aplikasi bawaan dari vendor smartphone.

Seperti yang kita ketahui bahwa, pada dikala kita membeli sebuah smartphone, di dalamnya sudah tertanam aneka macam macam aplikasi. Namun dari sebagian aplikasi tersebut kadang kita tidak perna menggunakannya sama sekali. Nah, aplikasi-aplikasi ibarat itulah yang biasanya di namakan dengan bloatware. Kalau pada custom rom, aplikasi semacam itu sudah di hilangkan semuanya. Makara tinggal aplikasi penting saja yang di sematkan di dalamnya. Hal ini yang menciptakan kinerja dari smartphone yang memakai custom rom akan terasa lebih smooth, di bandingkan dengan smartphone yang memakai stock rom atau rom bawaan dari vendor smartphone tersebut.

2. Tampilan smartphone lebih yummy dilihat.

Setiap orang pastinya mempunyai rasa jenuh, bosan terhadap sesuatu yang ia miliki. Ini termasuk salah satu yang sering terjadi pada smartphone. Disini saya kasih pola bahwa, pada dikala kita membeli sebuah smartphone baru, maka akan tampak tampilanya begitu memukau, begitu yummy dilihat.

Namun seiring dengan berjalannya waktu para produsen smartphone mulai meluncurkan produk-produk barunya dengan tampilan UI yang lebih apik, serta antar muka yang lebih yummy dilihat. Maka akan timbul niat kita untuk mengganti apa yang kita miliki dikala ini dengan produk yang lebih gres tersebut.

Maka solusi untuk mengatasi hal samacam itu ialah dengan menginstal custom rom di android kita. Sebab custom rom kebanyakan di porting memakai base cynogenmod dimana base tersebut mempunyai tampilan UI yang lebih apik dan lebih yummy dilihat. Dan satu lagi yang perlu anda ketahui bahwa, custom rom dengan base cynogenmod ini, sangat di minati oleh para penggemar custom rom pada umumnya.

3. Free Ram ( Random Access Memory ) Semakin Lega Dan Penggunaan Daya Batrei Semakin Irit.

Sebenarnya kelebihan custom rom yang ketiga ini, sebagai efek dari apa yang sudah saya jelaskan pada point pertama, yaitu tidak adanya aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan. Sebab kebanyakan aplikasi bawaan vendor yang sebelumnya sudah di sematkan pada smartphone, selalu berjalan secara otomatis ketika kita menyalakan smartphone.

Hal ini yang mengakibatkan penggunaan ram pada smartphone semakin meningkat dan pemakai daya betrei semakin besar. Kalau pada custom rom, semua aplikasi tersebut sudah di pangkas, hingga meminimalisir tingkat konsumsi ram yang sebelumnya tinggi dan pemakaian batrei smartphone akan terasa lebih irit.

Diatas itu yakni sedikit citra perihal laba atau kelebihan kalau kita menginstal custom rom di android kita. Sebenarnya bukan cuman itu saja, tetapi masih banyak lagi laba lainnya yang akan anda temukan sesudah menginstal custom rom di android anda. Nah sesudah kita tau perihal laba atau kelebihan dari custom rom, maka kita juga perlu tau perihal apa kekurangan dari custom rom.

3.Apa Kekurangan Kelemahan Custom Rom.
Setiap apa yang kita lakukan, pastinya ada sisi baik atau buruknya, termasuk dengan custom rom ini. Maka di bawah ini sedikit saya coba jelaskan perihal kekurangan atau kelemahan dari custom rom.

Satu-satunya yang menjadi kelemahan dari custom rom itu sendiri yakni terdapat bug. Dan bug-bug pada custom rom ini beragam. Tergantung dari mana dasar atau base rom yang dipakai dalam melaksanakan porting.

Jika base rom yang di gunakan untuk melaksanakan porting tersebut berasal dari MTK yang sama, maka custom rom tersebut nyaris sempurna, atau hampir tidak ada bug sama sekali. Dan kalaupun ada itu cuman sebagian kecil dan hampir sanggup di atasi. Namun apabila base rom yang di gunakan untuk melaksanakan porting berasal dari MTK yang berbeda, atau biasa di kenal dengan cross port. Maka bug yang di hasilkan nyaris permanen atau susah untuk di perbaiki.

Setelah kita tau perihal laba dan kelemahan dari custom rom, maka timbul pertanyaan ibarat pada point nomor empat diatas, yaitu " Apa perlu untuk instal custom rom". Maka dibawah ini saya akan coba jelaskan sesuai dengan pengalaman serta pemahaman saya.

4. Apa Perlu Untuk Instal Custom.
Masalah untuk instal sebuah custom rom di android itu relatif. Semuanya itu kembali pada pribadi masing-masing. Karena setiap orang niscaya mempunyai pendapat serta evaluasi yang berbeda terhadap apa yang ia lakukan. Kadang sebagian orang begitu suka untuk menginstal custom rom di androidnya, namun terkadang, ada juga yang tidak mau beralih dari stock rom ke custom rom. Tentunya semua yang di lakukan sesuai dengan alasan masing-masing. Ada yang beralasan bahwa custom rom lebih bagus, tetapi ada juga yang lebih menentukan untuk tetap memakai stock rom.

Makara kesimpulanya bahwa, untuk menginstal custom rom di android itu, semuanya berpulang pada pribadi kita masing-masing. Mau instal "iya" tidak instal juga tidak masalah. Namun apabila anda berniat untuk instal custom rom di android anda, maka dibawah ini saya akan kasih tau caranya, dilengkapi dengan gambar semoga anda lebih muda untuk memahami.

Cara Instal Custom Rom Di Android.


Pada tutorial instal custom rom di android ini, saya memakai custom recovery TWRP. Namun anda juga sanggup memakai custom recovery lainnya. Caranyapun hampir sama, tinggal di sesuaikan saja. Untuk cara dan langkah-langkahnya silahkan anda simak di bawah ini.
Catatan : Sebelum mengikuti tutorial ini, harap backup rom anda yang kini ini,  serta data-data penting lainnya. 
1. Android harus sudah di root. 

2. Terinstal TWRP atau pake yang lainya juga tidak masalah,  seperti CWM, PhilzTouch, Carliv Touch, dan lain-lain.

3. Download file custom rom dan simpan di SD Card, usahakan jangan di dalam folder apapun, simpan di luar saja biar praktis di cari pada dikala melaksanakan flash. 

4. Masuk ke recovery mode, dengan menekan tombol power+vol up atau cari cara sesuai dengan tipe androidnya masing-masing. Intinya sanggup masuk ke recovery mode. (Pada tutorial ini,  saya memakai TWRP, jadi yang lainnya tinggal di sesuaikan saja.) 

5. Setelah Masuk,  pilih sajian "WIPE" dan Swipe ke kanan untuk factory reset.

6. Setelah selesai, maka pilih sajian "ADVANCED WIPE", dan berikan centang di : Dalvic/Art cache, System, Cache,  Data,  setelah itu geser kekanan tombol swipe to wipe.

Lihat Gambar :

 Artikel semacam ini mungkin sudah banyak rekan blogger yang share di blognya Apa Itu Custom Rom Dan Cara Instal Di Android

7. Setelah selesai melaksanakan wipe,  sekarang tekan tombol back dan pilih sajian "INSTAL", cari file custom rom yang sudah di download tadi.

Lihat Gambar :

 Artikel semacam ini mungkin sudah banyak rekan blogger yang share di blognya Apa Itu Custom Rom Dan Cara Instal Di Android

8. Setelah ketemu filenya,  pilih dan geser tombol ke kanan atau swipe to confirmasi flash, tunggu hingga flash sukses dan pilih tombol "Reboot Syestem Now". 
Nah hingga pada tahap ini, maka proses instal rom selesai…. Biasanya booting pertama agak usang jadi silahkan di tunggu saja.

TIPS : Sebelum melaksanakan instal custom rom di android anda, sebaiknya cari tau dulu isu seputar custom rom yang akan di instal tersebut. Dalam hal ini seperti, bug-bug apa saja yang ada di dalam rom tersebut, dan bagaimana cara untuk mengatasi kalau memang terdapat bug. Tips ini perlu anda perhatikan semoga anda tidak menyesal sesudah instal rom tersebut.

Sebelum goresan pena ini saya akhiri, sedikit saya ingin beri tahu pada teman-teman bahwa, sebaik-baiknya sebuah custom rom, masih lebih baik stock rom. Makara pertimbangkan dulu baik-baik sebelum instal. Ini semua menurut pada pengalaman saya waktu memakai custom rom. Sudah puluhan rom yang saya instal di android saya, namun pada kesannya saya harus kembali ke stock rom. Sebab ibarat apapun stabilnya custom rom, niscaya ada fitur yang kurang, dibanding dengan stock rom.

Itulah postingan saya perihal " Apa Itu Custom Rom Dan Cara Instal Di Android ". Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan berikan jawaban anda lewat kolom komentar yang ada. Dan jangan lupa untuk like dan share, kalau artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Apa Itu Custom Rom Dan Cara Instal Di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel