Intro Slider Keren Atau Opening Welcome: Menciptakan Pada Aplikasi Android

Membuat Intro Slider Keren atau Opening Welcome pada Aplikasi Android. Intro slider atau Intro selamat tiba di aplikasi Anda ialah langkah terbaik untuk menampilkan fitur utama dari aplikasi Android. Tampilan sekilas ini sebagai promosi juga semoga pengguna tidak merasa resah memakai aplikasi kita.

Intro yang dimaksud disini yakni ketika aplikasi pertama kali diluncurkan akan disuguhkan info singkat berupa gambar dan goresan pena menarik. Tampilan tersebut dapatdengan gampang digerakan ke kanan dan kiri dengan menekan tombol Lanjut atau Lewati.

Pada artikel ini kita akan berguru menambahkan Intro slider ke aplikasi Android di mana pengguna sanggup mengusap beberapa slide sebelum masuk ke dalam aplikasi Android.

Untuk mendemonstrasikan, saya menciptakan aplikasi sederhana yang berisi beberapa slide intro dengan navigasi Lanjut dan Lewati. Pengguna sanggup menavigasi melalui setiap slide memakai gerakan mengusap layar HP atau memakai tombol Lanjut. Kami juga akan menjelaskan cara memperlihatkan intro ketika aplikasi diluncurkan untuk pertama kali.


Sebelum kita mulai tutorial menciptakan intro slider, sebaiknya anda melihat Demo aplikasi dan sekalian unduh file project yang sudah jadi di bawah ini:

Demo Apk

Unduh Project

Bila anda sudah mengunduh file, Mari kita segera mulai dengan menciptakan proyek baru.


A. Import File Project Intro Slider

1. Run software android studio anda sampai tampilan "Welcome Android Studio" simpulan dimuat. Pilih "existing Android Studio project".

2. Silakan cari file project intro slider yang telah anda unduh disini kemudian tunggu sampai proses building selesai.

Apabila telah selesai, kini kita akan melihat satu persatu bab yang harus anda mengerti dalam penerapan intro slider sampai berhasil di build menjadi file apk.

B. Memilih Warna

Pemilihan warna sanggup anda sesuaikan dengan warna aplikasi android dan juga anda sanggup merancang layar intro untuk mempertimbangkan jenis aplikasi yang sedang anda kembangkan. Dalam pola project ini, kami menempatkan gambar besar di tengah kemudian beberapa teks di bawahnya. Di bab dasar, terdapat jumlah titik yang memperlihatkan jumlah slide yang akan ditampilkan.

Berikut ialah palet warna yang telah saya pilih untuk mendesain layar. Untuk setiap layar kita membutuhkan tiga warna yaitu warna latar belakang dan dua warna titik ketika aktif / tidak aktif.

3 . Buka colors.xml yang berada di bawah nilai res ⇒ values dan tambahkan nilai warna di bawah ini. Anda sanggup melihat sesudah menambahkan warna, saya menyimpannya ke array array_dot_active dan array_dot_inactive , sehingga kami sanggup memuatnya dengan gampang dalam kegiatan kami.

4 . Buka strings.xml yang berada di bawah nilai res ⇒ dan tambahkan nilai string di bawah ini. Disini saya sebutkan judul dan deskripsi untuk setiap slide.

5 . Buka dimens.xml yang berada di bawah nilai res ⇒ dan tambahkan nilai di bawahnya.

6 . Juga pastikan bahwa Anda mempunyai gaya ini dalam styles.xml Anda alasannya ialah aplikasi mogok alasannya ialah perubahan terbaru pada alat pembuatan.

Slider selamat tiba / intro harus ditampilkan hanya sekali ketika aplikasi diluncurkan untuk pertama kalinya. Jika pengguna meluncurkan aplikasi untuk kedua kalinya, ia harus eksklusif masuk ke layar utama. Untuk mencapai hal ini, kami memakai SharedPreferences untuk menyimpan nilai boolean yang memperlihatkan peluncuran pertama kali.

7 . Buka kelas berjulukan PrefManager.java dan lakukan perubahan. Ubah nilai isFirstTimeLaunch () menjadi true apabila anda ingin mengubah intro slider hanya ingin diluncurkan untuk pertama kalinya.

Baca juga :

C. Membuat Slides Welcome

Sekarang saatnya menciptakan tata letak yang dibutuhkan untuk slider. Secara total saya menyimpan 4 slide untuk layar intro. Makara kita membutuhkan empat layout terpisah untuk empat slide. Tata letak setiap slide tetap sama kecuali gambar, teks dan warna. Atau Anda sanggup menciptakan Fragmen terpisah untuk setiap slide semoga mempunyai kontrol lebih besar terhadap elemen UI yang ditampilkan dalam slide.

8 . Makara cepat menciptakan empat xml layout berjulukan welcome_side1.xml , welcome_side2.xml , welcome_side3.xml dan welcome_side4.xml di bawah res ⇒ layout .
  • welcome_slide1.xml
  • welcome_slide2.xml
  • welcome_slide3.xml
  • welcome_slide4.xml

9 . Setelah tata letak sudah siap, buat kegiatan gres berjulukan WelcomeActivity.java untuk slider welcome. Klik kanan pada paket New ⇒ Activity ⇒ Empty Activity.

10 . Buka activity_welcome.xml dan ubah isyarat menyerupai di bawah ini. Di sini kami menambahkan ViewPager untuk slider, LinearLayout untuk titik - titik dasar dan dua tombol untuk navigasi Skip dan Next .

11 . Buka WelcomeActivity.java dan modifikasi isyarat menyerupai di bawah ini. Di sini kami telah memperlihatkan beberapa hal:

⇒ Periksa peluncuran aplikasi dengan memakai metode prefManager.isFirstTimeLaunch () . Jika kembali benar, MainActivity akan diluncurkan melompati kegiatan intro.

⇒ Buat bilah notifikasi transparan, semoga tampilan warna background sanggup dilihat.

⇒ Dibuat PagerAdapter untuk ViewPager dan meningkat semua layout kita buat sebelumnya.

⇒ Ditambahkan klik event pendengar ke tombol Skip dan Next . Jika tombol berikutnya diklik, slide berikutnya akan ditampilkan. Jika tombol Skip diklik, kegiatan utama akan diluncurkan secara langsung.

12.Akhirnya buka AndroidManifest.xml dan buat WelcomeActivity sebagai launcher activity. Sehingga akan ditampilkan sebagai layar pertama di app.

 Jalankan aplikasi dan mainkan slider intro.

Demikian tutorial kami mengenai Membuat Intro Slider Keren Pada Aplikasi Android semoga memberi manfaat bagi anda yang sedang membuatkan aplikasi android.

0 Response to "Intro Slider Keren Atau Opening Welcome: Menciptakan Pada Aplikasi Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel