Inilah Penyebab Baterai Smartphone Android Lekas Habis Dan Cepat Sekali Terkuras.

Kenapa yach baterai smartphone saya lekas habis? Pertanyaan menyerupai itu biasanya muncul pada pengguna smartphone yang berbasis android di forum-forum diskusi, menyerupai Facebook, Whatsapp, Kaskus dan lembaga diskusi lain, yang membahas ihwal smartphone. Saya sendiripun mengalami, serta mencicipi hal yang sama pada smartphone yang saya miliki. Dan kasus menyerupai ini, saya pikir bahwa semua pengguna android ikut merasakan. Namun untuk mengatasinya, hingga ketika ini belum ada solusi ampuh. Semua orang mempunyai cara serta analisis yang berbeda-beda ihwal penyebabnya dan berusaha untuk mengatasi problem ini dengan caranya sendiri. Artikel ini saya tulis, sebagai citra ihwal beberapa penyebab umum sebagai pemicu kenapa hingga baterai smartphone lekas habis dan cepat sekali terkuras.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa smartphone yakni salah satu perangkat elektronik canggih yang hampir setiap ketika selalu dalam genggaman kita dan sanggup kita bawah kemana-mana oleh lantaran ukurannya yang mungil dan tidak merepotkan. Kalau boleh saya katakan bahwa smartphonelah perangkat elektronik yang paling dekat dan paling erat dengan insan ketika ini di banding dengan perangkat-perangkat elektronik lainnya. Bagi anda yang bekerja di lapangan ataukah yang sering melaksanakan perjalanan keluar kota misalnya, pastinya anda akan membutuhkan sebuah smartphone dengan ketahanann baterai yang cukup memadai biar sanggup membantu anda untuk tetap terhubung dengan keluarga atau rekan-rekan bisnis dan lain sebagainya.

Untuk ketika ini banyak sekali produsen smartphone yang mengatakan produknya dengan peningkatan daya tahan baterai yang cukup tinggi, namun hal tersebut masih juga terasa belum cukup hingga banyak sekali pengguna smartphone yang membawa power bank sebagai cadangan suplay daya smartphone yang mereka gunakan. Kenapa hingga demikian? Nah, inilah beberapa faktor penyebab yang harus anda ketahui kenapa hingga hal ini sanggup terjadi.

Kenapa yach baterai smartphone saya lekas habis Inilah Penyebab Baterai Smartphone Android Lekas Habis Dan Cepat Sekali Terkuras.
Gambar Ilustrasi.

Faktor Penyebab Baterai Smartphone Lekas Habis Dan Cepat Sekali Terkuras.

Di dunia ini, apapun problem yang terjadi niscaya ada alasannya yakni dan akibat. Sebab yakni faktor pemicu kenapa hingga problem itu hingga terjadi, dan akhir yakni dampak yang di hasilkan dari tragedi tersebut. Ini sama halnya dengan kasus kenapa hingga penggunaan baterai di smartphone sudah  cukup besar namun tetap saja terasa masih kurang memadai. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama dari sekian banyak faktor-faktor pendukung lainya. Faktor tersebut diantaranya:

#1. Hardware Dan Sofware Dari Smartphone Itu Sendiri.
Apa itu hardware? Hardware yakni perangkat keras yang mencakup bagian-bagian penting dari sebuah perangkat elektronik yang sanggup di lihat dan disentuh. Sedangkan software yakni perangkat lunak yang secara kasat mata tidak terlihat atau tidak faktual namun berperan penting untuk memberi kode kepada unit pengelolah data dalam hal ini prosesor biar perangkat sanggup bekerja. Salah satu teladan hardware pada smartphone yakni screen atau layar. Ada beberapa tipe serta kwalitas layar yang di gunakan oleh produsen smartphone pada produk yang mereka luncurkan, menyerupai qhd, hd, dan fhd. Ketahuilah bahwa, semakin tinggi kwalitas layar pada sebuah smartphone, maka smartphone tersebut akan menampilkan imbas visual dari gambar atau goresan pena secara detail pada penggunanya. Ini terlihat pada design smartphone modern ketika ini. Hampir semua produk smartphone ketika ini mengusung layar full HD, dan ini menjadi salah satu faktor penyebab kenapa baterai smartphone cepat habis. Percaya apa tidak, anda sanggup membandingkannya sendiri. Saya sendiri telah membandingkan di kedua smartphone milik sendiri, dan jadinya terlihat sangat jelas.

Smartphone yang saya gunakan untuk menguji dari merek yang sama namun keduanya beda spesifikasi. Yang satu mempunyai ketahanan baterai 4000 mAh dengan kwalitas layar HD dan yang satunya lagi mempunyai ketahanan baterai 4500 mAh dengan layar full HD. Dan hasil dari perbandingan ini bahwa smartphone dengan layar HD lebih tangguh dari ketahanan baterai, walaupun cuma mengusung baterai dengan besaran 4000 mAh. Kesimpulannya bahwa smartphone dengan layar full HD lebih menguras baterai di banding dengan smartphone yang hanya mengusung layar HD saja.



▪️ Prosesor Dan Chipset Yang Di Sematkan Pada Smartphone.
Ada aneka macam macam prosesor serta chipset yang di sematkan dalam sebuah smartphone. Untuk prosesor itu sendiri kita biasa kenal dengan jumlah inti menyerupai dual core, quad core, octa core dan lain sebagainya. Demkian juga halnya dengan chipset yang di sertakan pada smartphone, ada aneka macam macam tipe serta merek chipset yang di gunakan pada setiap perangkat android contohnya Mediatek, Qualcomm snapdragon, Exynos, Nvidia tegra dan lain-lain. Semua chipset ini mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Semakin baik sebuah chipset pada smartphone maka akan semakin baik pula performa serta sanggup menghemat pemakaian daya pada smartphone tersebut.

▪️ Sensor Fingerprint.
Salah satu fitur yang di sematkan pada perangkat android ketika ini yakni fingerprint atau sensor sidik jari. Fitur ini kehadirannya di android sangat mempunyai kegunaan dan bermanfaat sekali untuk melindungi data penggunannya. Namun perlu juga di ketahui bahwa dengan seringnya kita membuka kunci layar smartphone memakai fitur ini, maka akan menyedot kapasitas daya baterai smartphone. Sebaiknya fitur ini di gunakan secara cerdas, dalam artian begini, jangan gunakan fitur ini di smartphone anda apabila anda merasa bahwa smartphone anda aman-aman saja atau tidak ada orang yang berani mengacak-acak data langsung anda. Demikian juga sebaliknya, apabila anda merasa data-data anda tidak akan kondusif jika tidak memakai fitur ini maka sebaiknya gunakan saja.

▪️ Kekuatan Jaringan Atau Signal Smartphone.
Salah satu faktor penyebab baterai smartphone lekas terkuras yaitu signal atau jaringan yang di serap. Kasus menyerupai ini ada dua kemungkinan yang sanggup terjadi. Yang pertama yakni penyebabnya dari hardware dan software smartphone itu sendiri. Dan yang kedua yakni faktor lingkungan. Ada beberapa kasus pengguna smartphone yang mengeluhkan ihwal penggunaan baterai yang cepat sekali drop tetapi tidak menyadari bahwa kekuatan signal di wilayahnya tergolong lemah. Apakah kekuatan signal sangat berpengaruh? YA. Sebab, apabila anda memakai ponsel di daearah yang tidak cukup signalnya, maka ponsel akan terus menerus meload dan mencari jaringan yang ada di sekitar anda. Apalagi ponsel yang di gunakan tergolong ponsel cerdik yang mana semua data-data langsung telah tersinkron. Kalau ini terus terjadi, maka sanggup di pastikan bahwa baterai smartphone anda tidak akan bertahan lama.

#2. User Atau Pengguna Dari Smartphone Itu Sendiri.
Selain faktor penyebab di atas, prilaku user juga sangat berpengaru kenapa baterai smartphone cepat sekali habis. Beberapa teladan di bawah ini yakni yang sering kita lakukan namun terkadang kita sendiri tidak menyadarinya.

▪️ Menggunakan Smartphone Secara Berlebihan.
Android yakni salah satu system operasi yang kaya akan fitur serta di dukung oleh bermacam-macam aplikasi yang sanggup kita temui di Playstore. Mulai dari game serta bermacam-macam aplikasi jago lainya yang sanggup kita install dan gunakan di android kita. Tetapi perlu juga anda ingat bahwa dengan banyaknya aplikasi yang anda install dan menggunakannya secara berlebihan maka akan memperpendek masa pakai baterai di smartphone anda. Terutama aplikasi game dengan imbas visual serta grafik yang cukup tinggi.

▪️ Menginstall Aplikasi Anti Virus Berlebihan.
Salah satu penyebab baterai smartphone lekas terkuras yakni adanya aplikasi anti virus di smartphone. Jika memang anti virus di smartphone mempunyai kegunaan dan bermanfaat buat anda, maka sebaiknya cukup install satu aplikasi anti virus saja. Sebab anti virus yakni salah satu aplikasi yang selalu aktif dan terus berjalan di background hingga menyedot kapasitas baterai di smartphone anda.

#Kesimpulan:
Dari sekian banyak ulasan di atas sanggup kita simpulkan bahwa, penyebab cepat habisnya baterai di smartphone terdapat aneka macam macam faktor. Tinggal bagaimana langkah kita selaku pengguna, memanfaatkan smartphone secara masuk akal dan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Untuk problem hardware dan sofware carilah yang terbaik berdasarkan anda. Sesuaikan juga dengan badget dan kebutuhan anda.

Demikianlah goresan pena ini saya akhiri hingga disini, muda-mudahan artikel saya ihwal penyebab baterai smartphone lekas habis, sanggup bermanfaat dan mempunyai kegunaan buat anda. 

0 Response to "Inilah Penyebab Baterai Smartphone Android Lekas Habis Dan Cepat Sekali Terkuras."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel