Penyebab Android Lemot Dan Cara Mengatasinya.

Artikel kali ini saya akan mencoba untuk membahas wacana dilema yang sering menjadi keluhan dan merupakan dilema klasik yang sering di hadapi oleh setiap pengguna smartphone android yaitu, terjadinya lemot/lelet pada smartphone android yang di gunakan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa pada dikala pertama kali kita membeli sebuah smartphone baru, maka akan nampak kinerja smartphone tersebut sangat ringan, enteng, dan kita sendiri begitu bahagia dan bersemangat untuk menggunakannya. Namun seiring berjalannya waktu smartphone tersebut mulai terasa performanya semakin menurun dan semakin lamban di dikala kita gunakan. Hal ibarat ini hampir terjadi di semua perangkat yang berbasis android, tidak peduli android tersebut mempunyai kapasitas ram yang besar atau mempunyai ram seadanya. Sebab lemot atau tidaknya android, tergantung juga bagaimana setiap orang mengoperasikan android tersebut. Selegah apapun ram yang terdapat pada sebuah smartphone android, namun yang memakai smartphone tersebut tidak paham wacana cara mengoperasikan smartphone dengan baik dan benar, maka sanggup menjadikan smartphone tersebut menjadi lelet, lemot dan lain sebagainya.

Nah, dalam masalah terjadinya lemot atau lelet pada sebuah perangkat android, ada beberapa penyebab yang sering terjadi. Dan penyebabnya ini terkadang kita sendiri tidak menyadarinya. Maka disini akan saya coba untuk menggambarkan wacana hal-hal sebagai penyebab terjadinya lemot atau lelet pada perangkat android, serta bagaimana cara untuk mengatasinya.

rtikel kali ini saya akan mencoba untuk membahas wacana dilema yang sering menjadi keluh Penyebab Android Lemot Dan Cara Mengatasinya.
Gambar Ilustrasi

Penyebab Android Lemot Dan Cara Tepat Untuk Mengatasinya.

Memiliki sebuah perangkat android yang smooth merupakan dambaan setiap pengguna smartphone, khususnya smartphone yang berbasis android. Sebab dengan sebuah smartphone yang smooth, ringan atau enteng, maka kita akan lebih leluasa dalam melaksanakan multi tasking sesuai dengan harapan kita. Namun untuk mempunyai sebuah smarphone yang smooth, terkadang menjadi sebuah mimpi bagi pengguna android yang kapasitas memory ram pada smartphonenya tidak mencukupi. Karena android yakni salah satu ponsel arif dimana aplikasi-aplikasi yang ada terkadang berjalan bersamaan, dan aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan derma ram yang memadai biar sanggup bekerja dengan baik.

Nah, bagi anda yang sering mengeluhkan wacana terjadinya lemot atau lelet pada perangkat android, maka silahkan pahami beberapa penyebab yang sering menjadi pemicu timbulnya dilema ini. Terkadang penyebab lelet dan lemot pada perangkat android itu akhir ulah kita sendiri, tetapi kita sendiri tidak menyadari akan hal itu. Maka dibawah ini saya akan coba untuk membahas beberapa penyebab serta cara untuk mengatasi biar android kita terbebas dari dilema lemot, lelet ibarat yang di keluhkan oleh pengguna android pada umumnya. Silahkan anda coba tips-tips di bawah ini di android masing-masing. Muda-mudahan dilema anda teratasi.

1. Hindari Untuk Menginstal aplikasi Berlebihan.
Salah satu penyebab terjadinya lemot atau lelet pada smartphone yakni terlalu banyaknya aplikasi yang terinstal pada smartphone tersebut. Kenapa ini menjadi salah satu penyebab hingga terjadinya lemot? Sebab semakin sering kita melaksanakan instal aplikasi, maka ruang penyimpanan pada smartphone kita akan semakin sesak. Memang pada zaman kini ini smartphone android pada umumnya sudah di sertakan dengan memori menyimpanan yang legah, namun kadang hal ini menciptakan kita asal-asalan untuk menginstal banyak sekali macam aplikasi walaupun aplikasi tersebut tidak kita gunakan sama sekali. Solusinya yaitu hapus saja sebagian aplikasi yang tidak di gunakan dan sebaiknya jikalau menginstal aplikasi maka instalah aplikasi yang multi fungsi atau aplikasi serbaguna lantaran aplikasi jenis ini lebih menghemat ruang penyimpanan di Smartphone anda.

2. Hindari Untuk Instal Anti Virus Lebih Dari Satu.
Sebagian besar pengguna smartphone android selalu menginstal anti virus di androidnya. Ini yakni salah satu penyebab terjadinya lemot pada android yang kita gunakan, alasannya yakni aplikasi anti virus tersebut selalu berjalan di backgroud smartphone dan menyita banyak ram. Dan aplikasi ini melaksanakan scaning secara otomatis di dikala kita mendownload sebuah aplikasi atau sedang browsing di internet. Hal ini juga sanggup berakibat battery smartphone lekas habis dan cepat terkuras.

Memang untuk melindungi sebuah smartphone wajar-wajar saja untuk menginstal anti virus, tetapi berdasarkan saya bahwa anti virus di sebuah perangkat android tidak perlu-perlu amat. Sebab android itu sendiri yakni salah satu system operasi berbasis linux yang mana sulit untuk di tembus oleh virus atau malware lainnya. Saya sendiri tidak perna menginstal anti virus di android saya, dan hingga kini aman-aman saja.

3. Hapus Data Cache Aplikasi.
Penyebab android lemot lainnya yakni terlalu banyak data cache aplikasi yang tersimpan di memori smartphone. Untuk masalah ini kadang kita selaku pengguna smartphone lupa untuk membersihkannya, padahal setiap kita membuka sebuah aplikasi maka aplikasi tersebut selalu akan menyimpan data cache dari aktivitas yang kita lakukan di memori smartphone. Kalau ini terus di biarkan maka usang kelamaan cache tersebut semakin menumpuk dan mengambil banyak ruang di memori smartphone. Makara usahakan untuk selalu menghapus data cache tersebut sesudah selesai melaksanakan browsing atau lain sebagainya.



4. Hindari Untuk Menggunakan Live Wallpaper Dan Widget Yang Tidak Penting.
Untuk melaksanakan customisasi terhadap tampilan dari sebuah smartphone memang asyik dan sangat menyenangkan. Tetapi perlu juga di ingat bahwa melaksanakan customisasi dengan memasang live wallpaper serta widget yang berlebihan pada sebuah smartphone, sanggup menjadikan lemot pada smartphone tersebut. Karena live wallpaper atau widget yang tersebut akan selalu melaksanakan update secara otomatis terhadap perkembangan yang terjadi dikala ini. Dan aplikasi widget serta live wallpaper ini sangat menguras battery smartphone, jadi usahakan membatasi untuk memakai widget-widget tersebut. Jika memang tidak perlu sebaiknya jangan di gunakan.

5. Atur Animasi Layar Dan Efek Transisi Pada Smartphone.
Penyebab android lemot yang satu ini biasanya akhir dari louncer yang kita gunakan pada smartphone. Entah itu louncer bawaan produsen smartphone atau louncer hasil download dari playstore. Dan louncer-louncer yang ada terkadang terlihat tampilannya begitu memukau, tetapi tahukah anda, bahwa louncer juga kuat terhadap lemot dan leletnya sebuah smartphone. Maka saran saya jikalau memakai louncer maka carilah louncer yang ringan ibarat nova louncer, apex louncer, smart louncer dan lain-lain. Namun jikalau anda tetap bersikukuh untuk memakai  louncer yang terinstal di android anda, maka untuk menghindari terjadinya lemot atau lelet pada smartphone anda maka silahkan ikuti langkah di bawah ini.

1. Buka hidangan Pengaturan dan pilih About Phone/Tentang Ponsel.
2. Tap berkali-kali pada Nomor Bentukan hingga muncul Opsi Pengembang. Biasanya nanti ada notif yang menyampaikan "Selamat Anda Sudah Menjadi Pengembang".
3. Kembali ke hidangan Pengaturan dan pilih hidangan Opsi Pengembang lalu slide kekanan untuk aktifkan.
4. Geser kebawah dan pilih Skala Animasi Jendela, kemudian set ke off. 
5. Atur juga Skala Durasi Animator dan set ke off. Jadikan ibarat gambar di bawah ini. (Klik Untuk Memperjelas).

rtikel kali ini saya akan mencoba untuk membahas wacana dilema yang sering menjadi keluh Penyebab Android Lemot Dan Cara Mengatasinya.

Di bawah ini sedikit saya jelaskan wacana maksud dari pengaturan yang telah kita lakukan diatas, biar lebih jelas.

Skala Animasi Jendela.
Fungsi dari pengaturan ini yakni untuk mengatur lamanya waktu yang di gunakan dalam meload suatu jendela "popup" pada perangkat android yang kita gunakan. Makara apabila pengaturan ini kita set ke angka yang lebih tinggi, maka android membutuhkan waktu yang cukup usang untuk memunculkan sebuah jendela popup. Dan sebaliknya jikalau fungsi ini kita matikan atau diset ke off, maka android akan cepat untuk memunculkan sebuah popup. Makara sebaiknya di atur ke off saja. Setelah diatur saya yakin anda niscaya akan mencicipi perbedaannya.

Skala Animasi Transisi.
Pada dasarnya fungsi skala animasi transisi tidak jauh berbeda ibarat skala animasi jendela diatas, namun ini di fokuskan pada transisi layar smartphone. Seperti perpindahan sebuah aplikasi ke aplikasi lain, atau di dikala meluncurkan sebuah aplikasi ke layar awal smartphone. Sebaiknya pengaturan skala animasi transisi itu juga di atur ke off, alasannya yakni bila mengaturnya ke angka lebih tinggi maka android akan lamban untuk melaksanakan perpindahan antara satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Skala Durasi Animator.
Fungsi dari skala durasi animator yakni untuk mengatur kecepatan loading sebuah aplikasi pada dikala kita gunakan. Makara apabila di atur ke off, maka aplikasi akan cepat untuk melaksanakan loding animasi dan cepat terbuka. Demikian juga sebaliknya, apbila diatur ke angka yang lebih besar maka android akan melaksanakan loading cukup usang untuk membuka sebuah aplikasi. Makara sebaiknya fungsi ini di offkan saja. Anda akan mencicipi perbedaan sesudah melaksanakan pengaturan nanti.

6. Lakukan Reset Factory.
Seperti yang telah saya ulas di point-point sebelumnya, bahwa salah satu penyebab android lemot yakni terlalu banyak data cache aplikasi. Nah untuk masalah ibarat ini, apabila anda telah berusaha untuk membuang semua cache, dalvic cache namun android masih juga lemot maka, coba lakukan factory reset. Hal ini kita lakukan untuk mengembalikan semua pengaturan smartphone ke pengaturan awal pabrik dan menghapus data-data yang sebelumnya tersimpan di smartphone. Perlu di ingat bahwa sebelum melaksanakan ini, sebaiknya di backup dulu data-data penting anda biar tidak hilang.

7. Root Android Anda.
Ada beberapa kasus, penyebab dari smartphone lemot yakni terdapat pada stock rom smartphone itu sendiri. Sebab banyak produsen smartphone selalu menyertakan aplikasi bloatware pada produk yang mereka luncurkan. Hal ini berakibat semakin menipisnya ruang penyimpanan yang ada di smartphone. Solusi untuk masalah ibarat ini yaitu mengganti stock rom dengan custom rom. Sebab pada custom rom, semua aplikasi bloatware telah di pangkas dan di buang hingga menciptakan kinerja smartphone lebih maksimal.

Kesimpulan.
Untuk masalah terjadinya lemot atau lelet pada sebuah perangkat android, tergantung bagaimana user android itu sendiri yang menggunakannya. Walaupun perangkat android yang kita gunakan tergolong mahal dan berspesifikasi tinggi, namun kita tidak faham wacana cara mengoperasikannya dengan baik dan benar, maka lambat laun akan lemot juga. Makara sebaiknya pelajari dan pahami masalah yang menjadikan android anda lemot, hingga anda lebih gampang untuk mengatasi.

Nah, itulah beberapa tips yang sanggup saya ulas di postingan ini, muda-mudahan membantu.

0 Response to "Penyebab Android Lemot Dan Cara Mengatasinya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel