Cara Melegahkan Ram Android Dengan Greenify

Cara Melegahkan Ram Android Dengan Aplikasi Greenify. Itulah yang akan saya ulas di artikel saya kali ini. Berbicara mengenai smartphone yang berbasis android memang tidak ada habisnya. Salah satu system operasi yang sangat di gemari oleh para pencinta smartphone di seluruh dunia. Ini semua lantaran android salah satu system operasi open source, yang memungkinkan siapa saja sanggup bermain-main dengan system yang telah tertanam di dalamnya. Namun dibalik semuanya itu, android juga membutuhkan suplay daya yang cukup besar serta bantuan ram yang memadai biar semua aplikasi sanggup berjalan dengan lancar.

Membahas duduk kasus ram (Random Access Memory) dalam sebuah smartphone, merupakan hal yang perlu di perhitungkan. Sebab android yaitu salah satu ponsel berakal dimana semua aplikasi yang ada terkadang berjalan bersamaan, dan aplikasi-aplikasi ini membutuhkan dungkungan ram yang cukup tinggi. Karena tanpa bantuan ram yang memadai maka sanggup di pastikan bahwa kita tidak sanggup mekakukan multi tasking dengan baik lantaran pada smartphone tersebut akan terjadi lag, hang, dan kadang juga aplikasi yang kita buka sanggup menutup dengan sendirinya atau biasa di kenal dengan force close. Akibat dari ini semua yaitu, kita akan merasa tidak puas untuk mengoperasikan smartphone tersebut.

Bagi seorang gamers atau yang suka bermain game di android, duduk kasus ram ini perlu di pertimbangkan jauh sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smartphone. Sebab semakin besar sebuah ram pada smartphone akan semakin meningkatkan pangalaman anda dalam bermain game di android. Sebab aneka macam aplikasi game yang dikembangkan oleh devloper dengan ukuran yang besar serta menyita banyak ram pada ketika di operasikan.

Pada produk smartphone android sebelum-sebelumnya pihak produsen hanya membekali ram seadanya, yaitu berkisar antara 512MB, 1GB, dan 2GB. Namun kini pengguna smartphone android boleh bernafas legah, lantaran kebanyakan produk smartphone ketika ini sudah di bekali ram yang cukup memadai, yaitu antara 3GB, hingga 4GB bahkan lebih. Nah, untuk anda yang mempunyai smartphone dengan memory ram yang tidak memadai, maka anda sanggup memakai cara ini. Di sini kita akan berusaha untuk meminimalisir pemakaian ram pada android kita memakai sebuah aplikasi yaitu greenify. Aplikasi ini berdasarkan saya cukup anggun dan pantas untuk anda coba di android masing-masing. Untuk cara menggunakannya silahkan anda simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Melegahkan Ram Android Dengan Aplikasi Greenify Cara Melegahkan Ram Android Dengan Greenify
Gambar Ilustrasi

Cara Melegahkan Ram Android Dengan Aplikasi Greenify.

Sebelum  kita melanjutkan ke langkah-langkah untuk meminimalisir pemakaian ram di android memakai aplikasi greenify, maka langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, mendowload aplikasi greenify dari play store. Aplikasi ini ada dua versi yaitu versi gratisan dan versi kontribusi atau berbayar, jadi silahkan anda pilih versi mana yang mau di gunakan. Kalau berdasarkan saya, sebaiknya gunakan saja yang versi berbayar. Karena lebih efektif dan sanggup menghibernasi aplikasi system yang tertanam di smartphone sekalipun yang mana versi gratis tidak sanggup melakukannya.

Untuk di ketahui bahwa, aplikasi greenify ini intinya yaitu sebuah module xposed, yang mana akan bekerja secara baik bila di android kita telah terinstal xposed installer. Nah, untuk menginstal xposed installer itu sendiri, android kita butuh diroot terlebih dahulu. Namun untungnya pihak devloper dari aplikasi ini juga mengembangkannya biar sanggup bekerja di android tanpa root. Kaprikornus kesimpulannya bahwa, aplikasi ini bekerja di segala android, baik itu android yang sudah di root ataupun yang belum diroot. Tetapi akan lebih baik bila android anda sudah diroot, lantaran akan terasa sekali kinerja dari aplikasi ini.

Bagi anda yang androidnya belum diroot, silahkan download dan pribadi terapkan di android anda masing-masing. Namun untuk yang androidnya sudah di root, maka sesudah download dan instal usahakan untuk jangan di buka dulu aplikasi tersebut, lantaran langkah selanjutnya yaitu kita akan mengaktifkan aplikasi greenify lewat xposed installer yang telah terinstal di android kita. Untuk cara mengaktifkannya, silahkan anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.



1. Buka aplikasi xposed installer dan pilih "Module", berikan centang pada aplikasi greenify yang telah anda instal tadi.
2. Pilih "Framework", dan pilih " Reboot". Pada tahap ini maka android anda akan melaksanakan restart ulang dengan sendirinya. Tunggu saja hingga android benar-benar booting sempurna.

Sampai pada kedua langkah diatas, maka aplikasi greenify yang kita instal tadi telah aktif. Langkah selanjutnya yaitu kita akan melaksanakan pengaturan pada aplikasi greenify biar sanggup berfungsi dengan baik. Untuk tahapan pengaturannya, silahkan anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi greenify dan tap pada ikon plus (+) kemudian pilih aplikasi mana sajakah yang mau di hibernasi.

2. Setelah memilih aplikasi yang akan di hibernasi, jangan lupa untuk tap pada tanda contreng (√) untuk menyimpan pilihan aplikasi yang anda tentukan tadi. Langkah kedua ini fungsinya biar aplikasi yang kita pilih tadi lebih gampang di hibernasi, lantaran apabila aplikasi-aplikasi itu berjalan di background secara otomatis maka akan ada notifikasi dari aplikasi greenify.

3. Tap pada tiga titik di pojok kanan atas nanti terdapat beberapa menu, maka fokuskan pada sajian pengaturan lantaran disini kita akan melaksanakan pengaturan biar aplikasi greenify bekerja dengan baik. Di dalam sajian pengaturan tersebut terdapat lagi beberapa pilihan pengaturan diantaranya:

Mode Bekerja : Pada sajian ini terdapat dua pilihan mode bekerja untuk aplikasi greenify yaitu mode non root dan mode root. Bagi anda yang androidnya telah di root dan sudah menginstal xposed installer maka sebaiknya pilih mode Root+Boost(Xposed), lantaran lebih anggun dan efektif. Namun bila android belum di root sama sekali maka silahkan pilih mode non root.

Wake-up Tracking and Cut-off : Pada sajian ini silahkan di aktifkan atau tidak di aktifkan juga tidak masalah. Sesuaikan dengan penggunaan masing-masing.

Otomatis Hibernasi : sajian ini fungsinya untuk melaksanakan hibernasi pada aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan beberapa ketika sesudah layar smartphone mati. Kaprikornus silahkan di centang untuk mengaktifkan sajian tersebut.

Quick Action Notification : fungsi dari sajian ini yaitu untuk memperlihatkan notifikasi apabila terdapat aplikasi yang belum terhibernasi atau yang masih pending hibernasi. Kaprikornus memperlihatkan kita fasilitas untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Silahkan centang untuk mengaktifkannya.

Xposed-based Features : Menu ini memang sengaja di khususkan untuk android yang telah diroot. Karena pilihan pengaturan pada sajian ini akan bekerja dengan tepat apabila pada android tersebut telah terinstal aplikasi xposed installer. Kaprikornus bagi anda yang androidnya sudah diroot dan terdapat aplikasi xposed installer maka jangan pernah lewat untuk mengatur sajian ini. Sebab kalau boleh saya katakan bahwa segalah pengaturan di sajian ini merupakan jantung dari aplikasi greenify itu sendiri. Kenapa?, lantaran disini kita sanggup menghibernasi semua aplikasi yang terdapat di dalam system smartphone kita. Kaprikornus silahkan anda berikan centang untuk mengaktifkan segala sajian yang ada sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Setelah kita tau ihwal cara mengaktifkan dan mengatur sajian yang ada di aplikasi greenify, maka kita juga perlu tau apa laba bila kita memakai aplikasi ini. Maka di bawah ini sedikit saya kasih review bagaimana laba kita memakai aplikasi greenify ini.

1. Dapat menghibernasi aplikasi system, tetapi tetap ada notifikasi bila ada pesan yang masuk.
2. Menghemat pemakaian ram di android.
3. Menghemat pemakaian batrei smartphone.
4. Meminimalisir panas pada smartphone, lantaran sebagian aplikasi di hibernasi.

Nah, itulah artikel saya kali ini ihwal cara melegahkan ram di smartphone android memakai aplikasi greenify. Tutorial ini telah saya coba di android saya sendiri dan saya rasa cukup anggun dan sangat efektif. Kaprikornus silahkan teman-teman mencobanya di android masing-masing. Oke, cukup hingga disini dulu goresan pena ini dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Melegahkan Ram Android Dengan Greenify"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel