Cara Buat Multi Window Di Android Non Multi Window

Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk menunjukkan sebuah tutorial perihal bagaimana cara menciptakan multi window di smartpone non multi window. Kaprikornus tutorial ini, memungkinkan kita untuk untuk menciptakan multi window di smartphone yang sama sekali tidak ada fitur multi windownya. Kaprikornus untuk anda yang belum ada fitur multi window di androidnya, silahkan di simak baik-baik, siapa tau anda tertarik untuk mencoba di android kesayangan anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada android lollipop ke atas kebanyakan produsen smartphone telah menyematkan fitur ini pada perangkatnya, namun ada juga dari sebagian produsen smartphone yang tidak membekali perangkatnya dengan fitur  semacam ini. Mungkin lantaran produsen tersebut membidik pasar menengah kebawah, hingga fitur multi window ini tidak di sertakan dalam produknya. Sebab untuk mempunyai sebuah smartphone dengan specifikasi tinggi serta fitur-fitur yang lengkap, tentunya memerlukan biaya juga cukup mahal.

Nah bagi anda yang smartphone androidnya belum kebagian fitur semacam ini, maka anda boleh mencoba tutorial ini. Sebab dengan cara simpel ini, kita sanggup menikmati fitur multi window di android kita ibarat pada perangkat android high end tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Tetapi tentunya tidak sesempurna fitur aslinya. Sebab di sini, kita hanya. Memanfaatkan sebuah module aplikasi yang memang sengaja di buat untuk memudahkan user android supaya sanggup menerapkan fitur multi window di perangkatnya.

Berbicara persoalan multi window, mungkin di pikiran kita pribadi tertujuh pada perangkat komputer atau  PC. Sebab fitur ini biasanya hanya terdapat pada perangkat komputer saja. Namun lantaran kemajuan teknologi yang begitu pesat, serta seruan pasar akan sebuah smartphone dengan multi fitur juga setiap tahunnya semakin tinggi, maka para produsen smartphone berusaha untuk meningkatkan membuatkan fitur canggih pada setiap produk smartphone yang akan mereka luncurkan. Salah satunya ibarat penyematan fitur multi window pada setiap perangkat yang akan di keluarkan.

Gambar Ilustrasi

Nah bagi teman-teman yang mungkin di ketika ini belum perna memakai fitur ini di androidnya, maka kita sanggup mengakalinya dengan sebuah aplikasi yang berjulukan SkyolinHelper. Aplikasi ini silahkan anda download di xda-devloper, atau mencarinya pribadi di google dengan mengetik kata kunci SkyoliHelper.apk. nanti anda akan menemukan aplikasi tersebut. Sebab sudah berbagai rekan-rekan blogger lainnya yang membagikan aplikasi tersebut di blognya masing-masing. Namun jikalau anda malas untuk mencarinya, maka silahkan anda copy paste url dibawah ini di browser untuk mengambilnya.

https://drive.google.com/file/d/0Bw_8JHaerkX8Yl9mNzdCMFdERFU/view?usp=drivesdk

Setelah anda download, maka silahkan pribadi diinstal saja di android anda. Namun lantaran aplikasi ini akan bekerja dengan baik membutukan sebuah aplikasi embel-embel yaitu xposed installer, maka syarat utama untuk sanggup menciptakan multi window di android anda yaitu, android anda harus sudah di root dan telah terinstal xposed installer. 

Jadi untuk teman-teman yang androidnya belum di root maka silahkan diroot dulu, dan sesudah root harus instal xposed installer. Untuk cara instal xposed itu sendiri, silahkan teman-teman menavigasi sajian yang ada di blog ini, alasannya ialah saya juga telah posting artikel perihal itu di blog ini. Namun apabila anda tidak mau melaksanakan root pada android anda, dengan alasan takut brick dan lain sebagainya. Maka mohon maaf bahwa anda tidak sanggup mengikuti tutorial ini, alasannya ialah tutorial ini hanya di peruntukan bagi smartphone android yang sudah di root.

Pada tutorial ini saya anggap bahwa anda yang membaca artikel ini telah mempunyai sebuah smartphone android yang telah diroot. Jika memang benar, maka silahkan anda simak langkah-langkah untuk menciptakan multi window di android kesayangan anda. Walaupun cara ini tidak sebagus dengan fitur multi window original buatan produsen smartphone, namun tidak ada salahnya juga jikalau kita mencobanya di android kita masing-masing. Hitung-hitung untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam melaksanakan modifikasi terhadap tampilan dari sebuah smartphone android.



Langkah-langkah Membuat Multi Window Di Android.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa, untuk melaksanakan ini kita membutuhkan pinjaman sebuah aplikasi pihak ketiga yaitu SkyolinHelper. Maka langkah pertama yang kita lakukan ialah mendownload aplikasi tersebut dan instal di android kita. Namun sesudah di instal usahakan untuk jangan pribadi di buka. Biarkan saja ibarat itu, lantaran langkah selanjutnya ialah kita akan mengaktifkan module SkyolinHelper lewat aplikasi xposed installer yang telah terinstal di android kita. Untuk cara pengaktifannya, silahkan anda simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka aplikasi xposed installer di android anda dan pilih Module. Berikan centang di module SkyolinHelper yang barusan anda instal tadi.

2. Pilih framework kemudian pilih reboot. Pada tahap ini smartphone anda akan melaksanakan restart ulang. Silahkan di tunggu hingga smartphone benar-benar booting sempurna.

Sampai pada langkah kedua di atas, maka module SkyolinHelper yang anda instal tadi sudah aktif. Tinggal kita menuju ke langkah berikutnya yaitu menciptakan fitur multi window di android dengan module SkyolinHelper. Untuk caranya silahkan anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka module aplikasi SkyolinHelper.

2. Pada sajian App Setting pilih Apps dan berikan centang pada aplikasi yang mau di buka dalam floating mode. Silahkan sobat pilih aplikasi mana saja terserah sobat.

3. Pada sajian window default setting silahkan anda atur ukuran lebar dan tingginya sesuai dengan solerah sobat masing-masing. Untuk ukuran yang saya gunakan waktu mencoba multi window ini adalah: untuk lebar atau default width of window = 50 dan default height of window = 25. Kaprikornus tinggal di sesuaikan saja sesuai keinginan.

4. Pada sajian Movable and  Resizable, anda sanggup menyembunyikan titel kafe dari window yang di tampilkan, atau mengatur batas dari window tersebut. Kaprikornus silahkan anda otak atik sesuai dengan impian masing-masing.

5. Untuk sajian Floating Button, silahkan slide kekanan untuk aktifkan, dan atur lebar dan tingginya sesuai dengan anda inginkan. Untuk lebar dan tinggi yang saya gunakan ialah 40/40. Dan untuk Alpha (Transparency of Floating Button) saya memakai 65%. Silahkan di sesuaikan saja sesuai dengan yang anda inginkan.

6. Pada sajian Orentation juga silahkan diatur saja sesuai dengan keinginan. Menu ini fungsinya untuk merubah tampilan dari multi window secara portrait atau landscape. Atau juga secara otomatis.

7. Apps, pada sajian ini silahkan anda atur aplikasi-aplikasi mana saja yang membutuhkan hak terusan root. Kaprikornus silahkan di atur saja sesuai dengan yang sobat kehendaki.

Catatan :
1. Agar aplikasi SkyolineHelper sanggup bekerja dengan baik, sebaiknya aplikasi tersebut di jadikan sebagai aplikasi system di android anda. Jika belum tau caranya maka silahkan mencari artikel saya perihal "cara memasukan aplikasi ke system android" lewat sajian navigasi yang ada di blog ini. Karena postingan tersebut sudah ada.

2. Semua langkah-langkah pengaturan pada module SkyolinHelper yang telah saya tulis diatas ialah ibarat yang saya gunakan di android saya. Silahkan anda berkreatif sendiri dengan melaksanakan percobaan-percobaan pada sajian yang ada di module SkyolinHelper. Siapa tau kesudahannya akan lebih memuaskan.

Nah, itulah beberapa langkah yang sanggup kita lakukan untuk menciptakan multi window di android non multi window yang sanggup saya berikan di post kali ini. Tutorial ini telah saya coba di android saya sendiri dan berkerja dengan baik. Silahkan teman-teman mencobanya di android masing-masing. Multi window yang akan anda coba ini memang tidak sebagus dengan yang telah di sematkan pada perangkat-perangkat android ketika ini. Namun jikalau di perangkat anda belum ada fitur ini, maka anda boleh mencoba cara yang saya berikan ini. Siapa tau anda juga akan tertarik.

Demikianlah post saya kali ini, muda-mudahan bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Jangan lupa like dan share jikalau anda menyukai artikel ini. 

0 Response to "Cara Buat Multi Window Di Android Non Multi Window"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel