Mengatasi Error Leaderboards Dan Achievement Games
Saat kita mulai membangun sebuah games sangat baik kalau sanggup dihubungkan dengan Google Play Games. Kita sanggup memakai fitur yang ada pada Play Games tersebut. Ada dua macam fitur yang sering digunakan oleh developer yakni Leaderboard dan Achievement games.
Kemudian salin juga play service dan multidex yang sudah versisdk bold pada dependencies build.gradle
Jika sudah menyalin seluruh data pada build.gradle silakan anda sync now project dan tunggu sampai proses sinkronisasi selesai.
Apabila dua point tersebut di atas masih belum memperlihatkan solusi pada error leaderboards kemungkinan besar anda belum menerapkan GoogleApiClient. Secara sederhana anda perlu memperkenalkan sebuah perintah GoogleApiClient yang gampang untuk di panggil.
Misalnya kami akan memakai mclient ketika memakai GoogleApiClient. Oleh Sebab itu cukup memasang perintah berikut dibawah public class utama :
Selanjutnya anda tinggal memanggil ulang dengan lebih singkat yaitu mclient.
Sebagai pola lagi Kami ingin membuka Daftar Leaderboard maka cukup memakai script berikut:
Demikian dulu mengenai postingan kami Mengatasi Error Leaderboards dan Achievement Games. Jika dari beberapa point di atas belum memperlihatkan solusi dari permasalahan Leaderboard silakan anda berkomentar.
Namun ketika kita menerapkan pada Project Games sering mengalami hambatan contohnya Score atau nilai tidak tersimpan. Bahkan ada yang tidak sanggup terhubung pribadi ke Play Games. Keadaan ibarat ini pernah kami alami dalam menerapkan Leaderboard game.
Oleh Sebab itu artikel ini kami tulis untuk membantu anda kalau mengalami kesulitan.
Sebelumnya anda sanggup membaca artikel kami mengenai Leaderboard Game : Penerapan di Games memakai Android Studio
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tiga permasalahan umum yang mengakibatkan Error pada Leaderboards yaitu:
1. BaseGameActivity Tidak Dipasang
2. Kesalahan pada Build.Gradle
3. Tidak terhubung dengan GoogleApiClient
Permasalahan Error Leaderboards
Sebenarnya ada beberapa penyebab sehingga Leaderboards game tidak terhubung dengan Play game. Untuk itu kita akan melihat satu persatu permasalahan yang menjadi hambatan dalam penerapan diu dalam game.
1. BaseGameActivity Tidak Dipasang
Salah satu penyebab utama yang menciptakan Leaderboard serta Achievement tidak terhubung yakni anda tidak memasang BaseGameActivity di dalam class java. BaseGameActivity merupakan "otak" utama untuk menghubungkan dengan Play Game.
Untuk ketika ini kami tidak akan membahas satu demi satu script BaseGameActivity. Namun pada dasarnya anda perlu memasang BaseGameActivity pada class java. Anda sanggup mendownload pribadi folder BaseGameActivity di sini. Atau anda juga melihat secara pribadi file di Github.
Setelah selesai mengunduh file anda hanya perlu menyalin ke dalam class java.
Setelah selesai mengunduh file anda hanya perlu menyalin ke dalam class java.
Penerapan BaseGameActivity cukup mudah, contohnya ekstensi package name com.androidstudio.games. Maka salinlah ke dalam folder GamesAnda → app → scr →main → java → com → anddroidstudio → games.
Folder tersebut yakni basegame dimana didalamnya terdapat tiga class java antara lain :
a. BaseGameActivity.java
b. GameHelper.java
c. GameHelperUtils.java
Setelah selesai menyalin seluruh data folder BaseGame hanya perlu menyesuaikan package name pada class java BaseGameActivity.
Dan terakhir ada perlu menyalin arahan peringatan ketika telah terhubung ke dalam String.xml. Kode yang versisdk maksud yakni sebagai berikut:
<string name="gamehelper_sign_in_failed">Gagal tersambung ke Google Play Game. Coba lagi</string>
<string name="gamehelper_app_misconfigured">Aplikasi salah dikonfigurasi. Periksa apakah nama paket dan akta penandatanganan cocok dengan ID klien yang dibentuk di Konsol Pengembang. Selain itu, kalau aplikasi belum dipublikasikan, periksa apakah akun yang Anda coba masuk dengan tercantum sebagai akun penguji. Lihat log untuk isu lebih lanjut.</string>
<string name="gamehelper_license_failed">Cek lisensi gagal</string>
<string name="gamehelper_unknown_error">Kesalahan yang tidak diketahui.</string>
<string name="gamehelper_app_misconfigured">Aplikasi salah dikonfigurasi. Periksa apakah nama paket dan akta penandatanganan cocok dengan ID klien yang dibentuk di Konsol Pengembang. Selain itu, kalau aplikasi belum dipublikasikan, periksa apakah akun yang Anda coba masuk dengan tercantum sebagai akun penguji. Lihat log untuk isu lebih lanjut.</string>
<string name="gamehelper_license_failed">Cek lisensi gagal</string>
<string name="gamehelper_unknown_error">Kesalahan yang tidak diketahui.</string>
copy seluruh script di atas dan paste ke res → value → string.xml. Jika semuanya ada sudah terapkan untuk pemasangan BaseGameActivity kami yakin Gamesnya suda sanggup terhubung ke Play Games.
Apabila cara pertama sudah anda terapkan dan masih terkendala kemungkinan permasalahan masih ada dan ada sanggup membaca point kedua.
2. Kesalahan pada Build.Gradle
Sebelumnya kami pernah mengalami error ketika melaksanakan build apk pada android studio yang mana mengeksekusi project Game. Hal tersebut mengakibatkan pengalaman menjadi sebuah goresan pena kali ini. Dimana kesalahan muncul pada Build.gradle yang masih kurang lengkap untuk sebuah project games.
Beberapa file penting yang harus tambahkan pada build.gradle (Module:app) yaitu
- multiDexEnabled
- dexOptions
- lintOptions
- play-services
Untuk selengkapnya ada hanya perlu menyalin script yang sudah kami bold berikut ke dalam build.gradle:
android {
compileSdkVersion 25
buildToolsVersion "25.0.3"
versionName "1.1.0"
multiDexEnabled true
}
dexOptions {
javaMaxHeapSize "4g"
}
lintOptions {
abortOnError false
}
compileSdkVersion 25
buildToolsVersion "25.0.3"
versionName "1.1.0"
multiDexEnabled true
}
dexOptions {
javaMaxHeapSize "4g"
}
lintOptions {
abortOnError false
}
Kemudian salin juga play service dan multidex yang sudah versisdk bold pada dependencies build.gradle
dependencies {
compile fileTree(include: ['*.jar'], dir: 'libs')
compile 'com.android.support:support-v4:25.1.0'
compile 'com.google.android.gms:play-services:+'
compile 'com.android.support:multidex:1.0.1'
}
compile fileTree(include: ['*.jar'], dir: 'libs')
compile 'com.android.support:support-v4:25.1.0'
compile 'com.google.android.gms:play-services:+'
compile 'com.android.support:multidex:1.0.1'
}
Jika sudah menyalin seluruh data pada build.gradle silakan anda sync now project dan tunggu sampai proses sinkronisasi selesai.
3. Tidak terhubung dengan GoogleApiClient
Misalnya kami akan memakai mclient ketika memakai GoogleApiClient. Oleh Sebab itu cukup memasang perintah berikut dibawah public class utama :
GoogleApiClient mclient;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.level_activity);
mclient = getApiClient();
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.level_activity);
mclient = getApiClient();
Selanjutnya anda tinggal memanggil ulang dengan lebih singkat yaitu mclient.
Sebagai pola lagi Kami ingin membuka Daftar Leaderboard maka cukup memakai script berikut:
if (mclient.isConnected()) {
startActivityForResult(Games.Leaderboards.getLeaderboardIntent(
getApiClient(), getString(R.string.leaderboard_quiz_app)),
1);}
startActivityForResult(Games.Leaderboards.getLeaderboardIntent(
getApiClient(), getString(R.string.leaderboard_quiz_app)),
1);}
Demikian dulu mengenai postingan kami Mengatasi Error Leaderboards dan Achievement Games. Jika dari beberapa point di atas belum memperlihatkan solusi dari permasalahan Leaderboard silakan anda berkomentar.
0 Response to "Mengatasi Error Leaderboards Dan Achievement Games"
Post a Comment