Leaderboard Game : Penerapan Di Games Memakai Android Studio
Menerapkan ID Leaderboard pada game Android dengan memakai Software Android Studio. Leaderboard games yakni urutan suatu jenjang score atau point yang di mulai dari peringkat pertama sampai paling final yang di tampilkan pada game android. Anda sanggup memasang ID Game sehingga akan muncul urutan peringkat oleh seluruh pengguna aplikasi game anda.
Pada tutorial kali ini kami beranggapan bahwa anda sudah mempunyai sebuah project aplikasi Game Android namun belum sanggup menerapkan atau memasang ID Game pada Project Game dengan Android Studio.
Kali ini kami akan menjelaskan mekanisme pemasangan ID Leaderboard Game yang telah anda buat pada Cara Membuat leaderboards dan Achievement Pada Google Play.
Perhatikan pola penempatan ID game yang telah kami copy pada sumber daya:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<string name="app_id">990009498421</string>
<string name="leaderboard_game">CgkItbaoiegcEAIQAQ</string>
</resources>
Jika kita lihat pola di atas terdapat dua ID yang kita peroleh dari layananan game pada sajian Papan Peringkat yakni ID aplikasi dan ID leaderboard_game. ID Aplikasi akan sama dengan ID yang akan kita gunakan untuk Leaderboards atau pun penerapan pada Achievement.
Agar pengguna sanggup terhubung dengan layanan Google Play Game anda perlu juga memasukkan ID Leaderboard dalam biner. Jika perhatikan pola di atas terlihat bahwa ID Leaderboard_game yakni CgkItbaoiegcEAIQAQ.
btnHighscore.setOnClickListener(new OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View arg0) {
final AlertDialog.Builder menuAleart = new AlertDialog.Builder(Score.this);
final String[] menuList = { "Global Score", "Your Local Score" };
menuAleart.setTitle("Scoreboard");
menuAleart.setItems(menuList, new DialogInterface.OnClickListener() {
public void onClick(DialogInterface dialog, int item) {
switch (item) {
case 0:
if (mclient.isConnected()) {
startActivityForResult(Games.Leaderboards.getLeaderboardIntent(
getApiClient(), getString(R.string.leaderboard_game)),1);
}
break;
case 1:
Intent i = new Intent(Score.this, Highest_Score.class);
startActivity(i);
break;
}
}
});
AlertDialog menuDrop = menuAleart.create();
menuDrop.show();
}
});
Ingat bahwa anda perlu juga menghubungkan project game anda dengan GoogleApiClient. Input juga perintah GoogleApiClient agar selalu terhubung dengan layanan game.
Jika tidak maka akan ada kesalahan dan layanan game anda tidak akan terkoneksi dengan proyek game Android anda. berikut ini perintah yang anda harus masukkan
GoogleApiClient mclient;
Saat Pengguna game telah menuntaskan sebuah misi atau tantangan dalam game akan ada Score yang mereka peroleh. Di beberapa Game mungkin menerapkan sistem point. Oleh alasannya yakni itu, untuk menyimpan score atau point diharapkan perintah perhiasan lagi biar sanggup tersimpan di layanan Game Google.
if(mclient.isConnected())
{
Games.Leaderboards.submitScore(getApiClient(),
getString(R.string.leaderboard_game),
Long.valueOf(score));
}
}
Demikian dulu tutorial kami kali ini semoga sanggup membantu anda untuk menerapkan leaderboard game pada aplikasi game anda.
Pada tutorial kali ini kami beranggapan bahwa anda sudah mempunyai sebuah project aplikasi Game Android namun belum sanggup menerapkan atau memasang ID Game pada Project Game dengan Android Studio.
Kali ini kami akan menjelaskan mekanisme pemasangan ID Leaderboard Game yang telah anda buat pada Cara Membuat leaderboards dan Achievement Pada Google Play.
#1 Membuat Layanan leaderboard Game
- Buka akun Developers Console, dan sehabis itu pilih tambah papan peringkat baru.
- Pastikan Anda memahami konsep Leaderboards di Android dan di Google Play Game. Anda sanggup membaca tutorial seacara lengkap di situs resmi google play game services
- Masukkan rincian untuk papan peringkat utama Anda. Untuk pola kode, kami memakai nama "Game_Ball" dan pilih Lebih Kecil Lebih Baik di Bagian Pengurutan.
- Di bab Pengujian untuk aplikasi Anda di Developer Console, Anda sanggup menambahkan akun yang akan ada terusan yang diberikan untuk menguji permainan. Secara default, Anda akan melihat email akun Google Play Anda yang sudah terdaftar.
- Dengan email tersebut anda sanggup menggunakannya untuk menguji aplikasi anda. Apakah dalam versi Beta ataukah versi Alpha.
- Setelah selesai memasukkan semua data yang ada silakan tekan tombol simpan
- Anda akan kembali ke sajian Papan Peringkat.
- Jika berhasil maka akan muncul ID Game, Klik link yang bertuliskan "Dapatkan sumber daya".
- Silakan salin seluruh goresan pena yang ada pada tab android. Nantinya anda akan paste ke games_id.xml
#2 Memasang ID Aplikasi pada games_id.xml
Pada point di atas kita telah menyalin seluruh listing ID game dan saatnya untuk melaksanakan pemindahan data (paste) ke project game kita di android studio. Anda harus tambahkan terlebih dahulu ID untuk aplikasi dan papan peringkat utama. Buka atau buat gres games_id.xml pada File : res / values / games_id.xml.Perhatikan pola penempatan ID game yang telah kami copy pada sumber daya:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<string name="app_id">990009498421</string>
<string name="leaderboard_game">CgkItbaoiegcEAIQAQ</string>
</resources>
Jika kita lihat pola di atas terdapat dua ID yang kita peroleh dari layananan game pada sajian Papan Peringkat yakni ID aplikasi dan ID leaderboard_game. ID Aplikasi akan sama dengan ID yang akan kita gunakan untuk Leaderboards atau pun penerapan pada Achievement.
Agar pengguna sanggup terhubung dengan layanan Google Play Game anda perlu juga memasukkan ID Leaderboard dalam biner. Jika perhatikan pola di atas terlihat bahwa ID Leaderboard_game yakni CgkItbaoiegcEAIQAQ.
#3 Memasang Pada Button
Untuk mengakses leaderboards atau papan peringkat kita harus menyiapkan sebuah tombol biar pengguna sanggup melihat hasilnya. Berikut pola listing programnya pada class java, dimana misalnya kami letakkan pada MainActivity.class.btnHighscore.setOnClickListener(new OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View arg0) {
final AlertDialog.Builder menuAleart = new AlertDialog.Builder(Score.this);
final String[] menuList = { "Global Score", "Your Local Score" };
menuAleart.setTitle("Scoreboard");
menuAleart.setItems(menuList, new DialogInterface.OnClickListener() {
public void onClick(DialogInterface dialog, int item) {
switch (item) {
case 0:
if (mclient.isConnected()) {
startActivityForResult(Games.Leaderboards.getLeaderboardIntent(
getApiClient(), getString(R.string.leaderboard_game)),1);
}
break;
case 1:
Intent i = new Intent(Score.this, Highest_Score.class);
startActivity(i);
break;
}
}
});
AlertDialog menuDrop = menuAleart.create();
menuDrop.show();
}
});
Ingat bahwa anda perlu juga menghubungkan project game anda dengan GoogleApiClient. Input juga perintah GoogleApiClient agar selalu terhubung dengan layanan game.
Jika tidak maka akan ada kesalahan dan layanan game anda tidak akan terkoneksi dengan proyek game Android anda. berikut ini perintah yang anda harus masukkan
GoogleApiClient mclient;
#4 Menyimpan Score
if(mclient.isConnected())
{
Games.Leaderboards.submitScore(getApiClient(),
getString(R.string.leaderboard_game),
Long.valueOf(score));
}
}
Demikian dulu tutorial kami kali ini semoga sanggup membantu anda untuk menerapkan leaderboard game pada aplikasi game anda.
0 Response to "Leaderboard Game : Penerapan Di Games Memakai Android Studio"
Post a Comment