Cara Menciptakan Leaderboard Dan Achievement Game Pada Google Play

Cara Membuat leaderboard Game dan Achievement Pada Google Play. Papan peringkat atau sering disebut sebagai leaderboard adalah cara terbaik yang dipakai dalam game untuk memperlihatkan peringkat para penggunanya. Kebanyakan game yang sudah terkenal akan menerapkan leaderboard google play pada gamenya.

Sedangkan Achievement atau pencapaian merupakan cara asyik untuk memacu pengguna dalam menjelajahi game secara mendalam dan meningkatkan penguasaannya. Pencapaian tersebut sanggup dipakai untuk menggambarkan pencapaian pengguna, contohnya mengalahkan sejumlah lawan atau menuntaskan serangkaian level, atau sanggup menggambarkan kemampuan dalam game yang pada awalnya belum tersedia. Pencapaian

Saat kita ingin menginstall Game di Google Play Store terdapat ringkasan dari game tersebut dan juga ada notifikasi bahwa Game tersebut telah menerapkan Papan Peringkat (Leaderboard) dan Pencapaian (achievement).

Membuat Leaderboard Game dan Achievement di Google Play

Agar sanggup memasang leaderboard game dan Achievement pada aplikasi game maka pertama-tama kita harus menciptakan akun terpisah pada layanan game di google play. Tapi sebelumnya itu, pastikan anda telah menuntaskan seluruh rincian aplikasi serta telah mempublikasi aplikasi game tersebut. Sehingga nantinya sanggup di hubungkan dengan layanan game.

Agar layanan game sanggup dipublikasikan maka anda harus menuntaskan tahap-tahap seperti:
  • Memasukan Nama Game
  • Detail Game
  • Aplikasi tertaut
  • Acara
  • Pencapaian
  • Papan peringkat
  • Pengujian
  • memublikasikan 

Berikut ini kami akan menjelaskan satu per satu tahapan yang dilakukan semoga layanan game sanggup di publikasikan pada Google Play dan memperoleh ID Game sehingga sanggup diterapkan pada Game Anda.

A. Memasukan Nama Game

  1. Buka tab "layanan game" pada hidangan sebelah kiri. 
  2. Lanjutkan dengan menekan tombol Tambahkan Game Baru dan sesudah itu akan muncul popup "Siapkan layanan game Google Play untuk aplikasi".
  3. Pilih tab "Saya belum memakai API Google apa pun di game saya" jikalau anda belum menerapkan sama sekali isyarat API Google untuk Game.
  4. Masukan nama game pada kolom yang disediakan beserta kategori game anda, jikalau sudah pilih lanjutkan untuk menuntaskan tahap ini.

B. Detail Game

Setelah anda menekan tab Detail Game akan ditampilkan hidangan yang harus di isi sehingga kita sanggup memublikasikan layanan game. Adapun rincian yang harus anda isi yaitu menyerupai berikut:
  1. Masukan nama tampilan. Setelah menuntaskan tahap pada bab A, maka nama tampilan akan muncul disini. namun anda bisa mengubah jikalau perlu anda ubah.
  2. Deskripsi. Masukan deskripsi lengkap layanan game anda. Pada bab ini anda bisa menyesuaikan saja dengan deskripsi pada Direktori Toko.
  3. Kategori.  pemilihan kategori Game sebaiknya anda sesuaikan saja dengan Layanan Aplikasi pada menu Direktori Toko.
  4. Game Yang disimpan. Agar sanggup mengaktifkan layanan game, anda harus menggeser tab ke arah Aktif lantaran secara default tab yang terpilih yaitu Nonaktif.
  5. Aset Grafis. Pada bab ini anda harus memasukan gambar yang dibedakan menjadi 2 yaitu: ikon resolusi tinggi (ukuran gambar sebesar 512 x 512 piksel dengan tipe PNG) dan grafis Unggulan (ukuran gambar sebesar 1024 x 500 piksel dengantipe gambar JPG atau PNG).

C. Aplikasi tertaut

Anda wajib menautkan semua aplikasi yang ingin dipakai dengan layanan game Google Play dan menciptakan kunci OAuth2 bagi setiap aplikasi yang akan disertakan dalam isyarat biner Anda. Paling tidak satu aplikasi harus ditautkan terlebih dahulu sebelum layanan game Google Play sanggup diuji atau  pun dipublikasikan.

Untuk lebih terang simak penjelasannya:

  • Setelah anda menentukan tab Aplikasi tertaut, pilih jenis Aplikasi yang anda buat apakah itu Android, IOS, Atau WEB. Pada kesempatan kali ini kita akan menautkan aplikasi jenis Android. Oleh alasannya yaitu itu, anda harus menentukan Android.
  • Setelah itu kita akan diarahkan ke hidangan selanjutnya yakni Tautkan aplikasi android
  • Nama paket. Pada bab ini anda sanggup menentukan aplikasi yang akan ditautkan dengan menggeser ke arah bawah untuk mencari aplikasi tersebut. Anda bisa memasukkan nama aplikasi untuk mempercepat pencarian aplikasi anda. 
  • Setelan multi pemain
  • Multi pemain sesuai giliran
  • Anti pembajakan. pilih "Aktifkan anti-pembajakan" untuk mencegah pengguna yang belum memasang game Anda melalui Google Play mengakses layanan game Google Play. 

D. Acara

Gunakan hidangan ini untuk mengumpulkan data yang dihasilkan oleh pemain, menyerupai berapa banyak zombie yang telah dibunuh atau berapa kali pemain Anda mendapatkan mata uang dalam game. Peristiwa membantu Anda melacak keterlibatan pengguna dan misi mereka. Pelajari semua hal ihwal cara menerapkan program di dokumentasi pengembang.

E. Pencapaian (Achievement)

Pencapaian sanggup ditambahkan secara rutin semoga game selalu gres dan mempertahankan keterlibatan pengguna.

Berikut ini cara mengaktifkan Achievement di Layanan Game Google Play :

  1. Tekan tombol "Tambahkan Pencapaian"
  2. Nama 
  3. Deskripsi
  4. Ikon
  5. Pencapaian 
  6. keadaan Awal
  7. Poin. Nilai poin harus antara 5 dan 200 dan harus kelipatan 5.
  8. Urutan daftar. 

F.  Papan peringkat (Leaderboard)

  1. Nama 
  2. Pemformatan skor
  3. Ikon
  4. Pegurutan. Lebih besar lebih baik, Lebih kecil.Bidang ini tidak sanggup diubah sesudah publikasi.
  5. Aktifkan pemberian terhadap modifikasi tak sah. Aktif 
  6. Batas
  7. Urutan daftar

G.  Pengujian

Pengguna berikut sanggup menguji draf tersimpan Anda untuk layanan game Google Play sebelum diterbitkan

H.  memublikasikan

Anda sanggup menghapus setelan layanan game Google Play jikalau Anda belum memublikasikannya untuk pertama kalinya. Penghapusan ini tidak sanggup diurungkan.

Demikian dulu postingan kami mengenai Cara Membuat leaderboard dan Achievement Pada Google Play, semoga sanggup bermanfaat.

0 Response to "Cara Menciptakan Leaderboard Dan Achievement Game Pada Google Play"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel