Upload Apk : Tutorial Lengkap Upload Apk Ke Play Store Terbaru 2018

Upload APK ke Play Store. Setiap developer android sanggup mempublikasikan aplikasi dan muncul pada Play store apabila telah mempunyai akun Google Play. Saat ini untuk mendaftar akun tersebut tidak gratis dan kita harus membayar Fee sebesar $25 atau kalau di rupiah sekitar 300 ribu lebih.

Namun hal itu kami yakin tidak akan memberatkan anda untuk sanggup mempunyai akun Google Play Developers Console. Pasalnya dengan akun ini kita sanggup dengan bebas upload apk gratis, baik itu berupa aplikasi atau pun game yang telah kita buat.

Artikel kali ini kami ingin membahas mengenai cara upload apk ke Play Store yang telah kita build pada android studio sehingga sanggup tampil pada list Play store.

Cara Upload Apk ke Play Store

Sebelum memulai untuk mempublikasikan kami harap anda telah menyediakan bahan-bahan yang diharapkan mulai dari gambar dan video yang akan di upload serta aplikasi yang telah di build dengan tipe Generate Signed APK. Gambar yang akan dipersiapkan sanggup anda edit memakai Software Photoshop atau Paint.

Harap juga telah membaca terlebih dahulu hukum yang diberlakukan Google Play Developers Console sehingga anda terhindar dari pelanggaran, Baca Selengkapnya.

Jika Anda sudah siap mari kita mulai untuk mengisi satu persatu data sebelum upload apk gratis ke Play Store.

A. Masukan nama aplikasi

Apabila anda telah mempunyai akun google play developers console login kembali dengan username dan password yang sama dengan akun Gmail. Kemudian ikuti langkah berikut ini:
  • Pada sajian di sebelah kiri klik Tab semua Aplikasi
  • Menu Semua Aplikasi akan menampilkan keseluruhan aplikasi baik itu yang dalam bentuk draf atau aplikasi yang telah berhasil dipublikasikan. Untuk tutorial kali ini kami beranggapan bahwa anda belum mempunyai aplikasi yang di publikasikan.
  • Pada sajian sebelah kanan terdapat Tombol "Buat Aplikasi"
  • Setelah itu akan ada Pop up yang menganjurkan kita untuk mengisi nama aplikasi. Isilah nama aplikasi sesuai dengan nama aplikasi yang telah anda selesaikan di android studio.
  • Pilih Bahasa indonesia sebagai bahasa default kalau aplikasi anda seluruhnya memakai bahasa indonesia
  • Pilih BUAT untuk mengakhiri Pop up.

B.  Isi Detail Aplikasi

Detail produk aplikasi meliputi 7 point utama dan beberapa belahan yang harus anda lengkapi yaitu:

#1. Judul aplikasi. 

Pada belahan ini akan otomatis terisi sesudah kita menciptakan pertama kali aplikasi pada point A diatas.

#2. deskripsi singkat

Anda sanggup memasukkan deskripsi singkat mengenai aplikasi anda sebagai promosi dengan panjang huruf sebanyak 80 kata. Masukkan kalimat seruan supaya pengguna mau memasang aplikasi anda pada perangkat HP androidnya

#3. deskripsi lengkap

Disini anda sanggup menuliskan detail keseluruhan aplikasi anda mulai dari kelebihan dan juga cara penggunaan secara ringkat. Namun perlu diketahui bahwa Deskripsi yang dituliskan dihentikan mengandung bahasa yang kurang baik. Lebih jelasnya anda sanggup membaca kebijakan yang sanggup di terapkan dalam penulisan deskripsi aplikasi. Baca Selengkapnya

#4.  Aset Grafik

Pada belahan ini anda harus memastikan telah mempunyai Aset grafik berupa gambar aplikasi atau pun video promosi yang akan dipakai supaya sanggup berhasil di unggah. 

a. Upload Gambar Ponsel, Tablet 7 inchi dan Tablet 10 inch
Semua gambar yang akan di unggah baik itu yang akan ditampilkan dalam mode Ponsel, Tablet ukuran 7 dan 10 inch  diberikan kapasitas sebanyak 8 gambar. Ukuran dan jenis gambar tidak menjadi persoalan. Kami anjurkan anda mepersiapkan gambar dengan resolusi 900 x 500 piksel sehingga gambar tidak pecah dengan tipe JPG atau PNG.

b.  Ikon resolusi tinggi
Anda harus menyiapkan gambar aplikasi utama berukuan 512 x 512 piksel dengan tipe PNG. Jika gambar bukan tipe PNG maka anda tidak akan sanggup menggungah gambar tersebut.

c. Grafik Unggulan

Ini yaitu belahan untuk menggungah gambar banner yang akan muncul pada Play Store. Ukuran gambar yang dianjurkan 1024 x 500 piksel dengan tipe gambar JPG atau PNG.

d. Grafik promo

Gambar yang di unggah di belahan ini merupakan gambar promo dan dianjurkan hanya berukuran 180 x 120 piksel dengan jenis gambar JPG dan PNG.


#5.  Kategori Aplikasi


Pada sajian kategori aplikasi, kita hanya diarahkan untuk menentukan menurut produk yang akan di publikasi.

a. Jenis aplikasi. Hanya terdapat 2 jenis yakni aplikasi atau game. Kita tinggal pilih produk yang akan kita publikasi jenis aplikasi ataukah Game.

b. kategori. Bila kita menentukan jenis aplikasi maka akan ada beberapa kategori yang disediakan menyerupai Alat, Belanja, Berita & Majalah, Bisnis, Buku & Referensi, Cuaca, Events, Fotografi, Gaya hidup, Hiburan, Kecantikan, kedokteran, Kencan, Kesehatan & Kebugaran dll. Anda tinggal pilih kategori yang menggambarkan produk aplikasi yang akan di publikasikan.

Apabila anda menentukan jenis game maka ada beberapa tipe kategori Game seperti Arkade, Balapan, kartu, Kasino, Kata, musik dll.


#6. Detail kontak

Detail kontak meliputi beberapa belahan yaitu:
a. Situs Web. anda bahwasanya tidak diwajibkan memasukkan situs web tapi kami sarankan sebaiknya anda harus mempunyai web atau blog.
b. Email. Alangkah baiknya anda memasukkan nama email pengembang yaitu email dikala anda mendaftar akun google play.
c. Ponsel. Masukkan nomor HP yang sanggup dihubungi sebab suatu ketika akan ada warta mengenai produk aplikasi anda di lalu hari.

#7 Kebijakan privasi

Sebaiknya anda menyiapkan web atau blog yang menyediakan kebijakan Privasi dari aplikasi yang anda telah buat. masukan URL dari web yang menyediakan kebijakan privasi produk aplikasi anda.


C. Rilis Aplikasi

Setelah anda telah mengisi keseluruhan data detail Produk (Direktori Toko) saatnya anda harus mengunggah Aplikasi pada sajian Rilis Aplikasi. Langkah- langkah menyerupai di uraikan berikut:

  1. Setelah tab Rilis Aplikasi terbuka, geser halaman ke bawah.
  2. Tekan tombol Kelola Produksi
  3. Geser ke arah bawah dan cari tombol "Buat Rilis"
  4. Saat kita berada pada sajian "Rilis gres ke produksi" terdapat pilihan untuk Penandatanganan aplikasi Google Play untuk mengamankan aplikasi dengan keamanan yang lebih berpengaruh dari google.
  5. Jika anda ingin melaksanakan penandatanganan aplikasi silakan pilih Lanjutkan. Apabila tidak anda tinggal pilih Tab "Tidak Ikut"
  6. kesempatan kali ini kami menentukan tab "Tidak Ikut" sehingga kita akun beralih ke sajian Pop up yakni konfirmasi bahwa kita memilih untuk tidak ikut dalam penandatanganan aplikasi. Anda tinggal menekan tombol "Konfirmasi".
  7. Selanjutnya kita telah beralih ke sajian "APK yang akan ditambahkan" 
  8. Silakan upload APK yang telah di generate pada android Studio dengan menentukan tombol jelajahi File
  9. Setelah file APK selesai di upload anda perlu mengisi "Apa yang gres dalam rilis ini?" dengan menggeser halaman ke bawah.
  10. Silakan masukan kalimat yang mewakili rilis pertama kali. Anda juga sanggup menuliskan pada rilis aplikasi dengan kalimat "Peluncuran penuh ".

D.  Peringkat Konten

Jika anda telah selesai melaksanakan upload APK kini anda beralih kembali ke Tab sajian kiri yakni peringkat konten. Ingat bahwa peringkat Konten hanya sanggup di isi kalau telah memasukkan aplikasi yang akan dipublikasikan.

Untuk mengisi Peringkat Konten berikut caranya:

  1. Setelah menentukan tab "Peringkat Konten" masukkan alamat email dan lanjutkan dengan konfirmasi email yang sama.
  2. Gulir Halaman ke bawah dan silakan "pilih kategori Aplikasi Anda". Di sini terdapat banyak jenis kategori yang menggambarkan aplikasi anda. Kami sarankan anda memakai kategori yang ada pada dikala mengisi kategori di sajian "Direktori Toko". 
  3. Jika sudah selesai menentukan jenis kategori lanjutkan untuk mengisi kuesioner yang mewakili aplikasi untuk menghitung kalkulasi rating.
  4. Jika anda selesai, sanggup lanjut untuk Simpan Kuesioner.
  5. lanjutkan lagi menghitung Peringkat.
  6. Peringkat rating telah di hitung saatnya anda klik Terapkan rating.

E. Harga dan Distribusi

Menu terakhir ini wajib anda isi juga sebab berafiliasi dengan harga aplikasi beserta distribusi ke aneka macam negara. Untuk sanggup menerapkan harga dan distribusi silakan ikuti langkah kami berikut:

  1. Buka Tab sajian sebelah kiri dengan menekan "Harga dan Distribusi".
  2. Aplikasi Ini. Saat sajian ini berhasil terbuka akan ada aneka macam pilihan. anda akan menjumpai jenis aplikasi apakah berbayar atau gratis. Perlu di ingat bahwa sesudah publikasi anda tidak sanggup mengubah status dari aplikasi entah itu gratis atau sebaliknya menjadi berbayar. Untuk hukum ini anda sanggup mempelajari selengkapnya.
  3. Ketersediaan Aplikasi. Geser pilihan ke "Terbitkan" supaya aplikasi anda siap untuk di publikasikan.
  4. Negara. Silakan gulir ke arah bawah untuk melihat keseluruhan negara dimana anda ingin mendistribusikan aplikasi anda.
  5. Ditujukan terutama untuk Anak. Menu ini tergolong gres untuk tahun 2017, dimana kita wajib mengisi pilihan ini apakah cocok untuk diperuntuhkan untuk anak di bawah 13 tahun ataukah tidak. Jika ya silakan anda pilih ya dan kalau tidak untuk anak dibawah 13 tahun silakan centang pilihan tidak. 
  6. Berisi Iklan. Apabila anda menerapkan iklan pada aplikasi entah itu iklan banner, iklan interstitial atau pun iklan video reward silakan pilih "Ya, ada iklanya" dan sebaliknya sanggup menentukan "Tidak ada iklannya" apabila anda tidak memasang iklan admob atau yang lainnya.
  7. Kategori Perangkat. Ini merupakan pilihan kalau apk anda masuk ke dalam jenis Android wear, Android TV dan Android Auto.
  8. Program pengguna. Sama dengan kategori perangkat pada kegiatan pengguna merupakan pilihan lanjutan kalau aplikasi anda tergolong dalam Daydream, Dirancang untuk Keluarga, Managed Google Play dan Google Play for education.
  9. Izin. penyisihan pemasaran sanggup anda pilih kalau anda tidak ingin melaksanakan promosi aplikasi selain di Play Store. Anda harus wajib mencentang pedoman konten dan Undang-Undang ekspor AS. 

Kesimpulan:

Apabila semua telah berhasil anda isi dengan benar dan tidak ada peringatan pada setiap tab sajian di sebelah kiri maka Anda telah siap untuk Upload apk ke play store secara penuh.

demikian tutorial lengkap upload apk ke play store. sekian dan terima kasih.

0 Response to "Upload Apk : Tutorial Lengkap Upload Apk Ke Play Store Terbaru 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel